Dalam upaya meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor menggelar kegiatan Pemberian Informasi Langsung (PIL) di Kampung Anggaduber, Kabupaten Biak Numfor, pada Senin, 17 Maret 2025.
Kegiatan ini merupakan inisiatif rutin BPJS Kesehatan untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat. Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat memperoleh informasi yang jelas mengenai hak dan kewajiban mereka sebagai peserta JKN.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor, Indra Bayu, menyampaikan apresiasi kepada pemerintah desa dan jajarannya atas kesempatan yang diberikan kepada BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.
Baca Juga: Tak Perlu Antre Lama! BPJS Kesehatan Sosialisasikan Mobile JKN di Maumere
“PIL ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat Kampung Anggaduber terkait Program JKN. Kami ingin memastikan bahwa setiap warga negara memahami hak dan kewajibannya sebagai peserta JKN, karena dengan pemahaman yang baik akan mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan yang mereka butuhkan,” ujar Bayu.
Sekretaris Kampung, Melki Dimara, menyampaikan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor atas kehadiran mereka di kampungnya untuk membantu masyarakat memahami lebih lanjut tentang Program JKN.
“Kami sangat berterima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor yang bersedia hadir di tengah kami. Kegiatan ini sangat penting untuk menambah pemahaman kami tentang Program JKN, mengingat kami berada di tempat yang cukup jauh dari pusat kota sehingga dengan hadirnya PIL ini sangat membantu kami. Masyarakat Kampung Anggaduber juga telah menikmati Program JKN sejak lama, dan ia merasa setiap tahun pelayanan JKN selalu memberikan peningkatan kepuasan layanan,” ujarnya.
Selama kegiatan berlangsung, masyarakat diberikan kesempatan untuk bertanya langsung kepada petugas BPJS Kesehatan. Reselina Mambrasar, salah satu peserta sosialisasi, bertanya mengenai alur pelayanan kesehatan. Hal ini menunjukkan antusiasme masyarakat dalam menggali informasi lebih dalam mengenai Program JKN.
“Saya bertanya mengenai alur pelayanan kesehatan menggunakan Program JKN di fasilitas kesehatan. Kami sangat senang bisa bertanya langsung kepada petugas. Ini adalah kesempatan yang baik untuk mendapatkan informasi yang akurat,” ucapnya.
Reselina mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan seperti ini, ia berharap masyarakat dapat lebih menyadari pentingnya memiliki jaminan kesehatan. Kesehatan adalah hal yang sangat penting, dan kami ingin semua warga Kampung Anggaduber mendapatkan akses layanan kesehatan yang layak.
“Tadi juga kami dijelaskan banyak informasi termasuk Aplikasi terbaru dari BPJS Kesehatan yakni Aplikasi Mobile JKN, jika ingin mengubah data sekarang sudah bisa dengan mengklik Fitur Ubah Data Peserta pada aplikasi tersebut,” ujar Reselina.
Terdapat banyak fitur yang disediakan yang dapat memudahkan kita dalam mengakses layanan kesehatan, seperti info lokasi fasilitas kesehatan, info riwayat pelayanan, Program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB), penambahan peserta, konsultasi dokter, pengaduan, info ketersediaan tempat tidur, info jadwal tindakan operasi, info iuran, skrining riwayat kesehatan, dan masih banyak lagi fitur yang tersedia untuk memudahkan peserta JKN dalam mengakses layanan.
Kegiatan PIL ini juga disertai dengan pembagian brosur dan pelayanan administrasi mengenai Program JKN kepada masyarakat. Brosur tersebut berisi informasi penting mengenai cara mendaftar, hak dan kewajiban peserta, serta informasi mengenai kanal layanan yang tersedia.
BPJS Kesehatan akan terus berupaya untuk menjangkau masyarakat di daerah-daerah terpencil. Edukasi adalah kunci untuk memastikan bahwa semua orang mendapatkan manfaat dari program JKN.
Cek Berita dan Artikel Lainnya di Google News