InfoEkonomi.ID – Bepergian menggunakan kereta api bandara menjadi salah satu pilihan yang populer bagi banyak orang untuk mencapai tujuan mereka ke bandara dengan cepat dan efisien. Namun, penting untuk tetap waspada dan menjaga barang bawaan dengan baik selama perjalanan. Sebelum meninggalkan tempat duduk di dalam kereta, pastikan untuk memeriksa kembali barang bawaan sehingga tidak ada yang tertinggal di kursi atau di lantai.
Seperti yang terjadi di Stasiun KA Bandara Medan pada Senin (22/04), petugas Pengamanan/Security KAI Bandara Medan bernama Hardiwinata Syahputra menemukan sebuah tas yang berisi uang tunai senilai Rp24.255.000 di area ruang tunggu pintu keluar jalan jawa. Pada saat itu stasiun KAI Bandara Medan sangat penuh oleh penumpang yang baru saja tiba.
Kronologinya, petugas keamanan/security yang sedang bertugas di lobby jalan jawa menemukan sebuah tas di bangku tepat berada di bawah eskalator dan bertanya kepada orang yang duduk di sekitar tentang kepemilikan tas tersebut dan tidak ada orang sekitar yang mengetahui pemiliknya.
Kemudian isi tas tersebut dilihat oleh petugas keamanan serta disaksikan oleh penumpang lainnya dan ternyata berisi uang. Selanjutnya tas yang tertinggal tersebut diamankan petugas dan dibawa ke kantor KAI Bandara Medan, sehingga apabila ada penumpang yang merasa kehilangan barang bisa menghubungi bagian informasi terkait lost and found di area KA Bandara.
PT Railink mendapat laporan dari call center 121 bahwa pada hari Senin (22/04) ada penumpang yang merasa ketinggalan barang di area KAI Bandara Medan dan pihak call center 121 menghubungi penumpang yang merasa ketinggalan barang di area KA Bandara untuk datang dan mengkonfirmasi ke pusat informasi KAI Bandara Medan.
Kemudian penumpang mendatangi pusat informasi stasiun KA Bandara Medan dan menjelaskan secara detail ciri-ciri barang yang tertinggal tersebut ke petugas KA Bandara Medan. Penumpang tersebut sebelumnya menggunakan KA Bandara Medan dengan relasi Kualanamu Tujuan Medan.
Setelah dilakukan verifikasi oleh petugas, barang tersebut langsung dikembalikan kepada pemilik di Stasiun KA Bandara Medan.
“Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada petugas KAI Bandara yang berhasil menemukan barang saya yang tertinggal di area stasiun KA Bandara Medan”, ucap Emerson
Humas KAI Bandara Sosiawan Surbakti mengatakan bahwa tindakan KAI Bandara Medan dalam mengembalikan barang berharga ini tidak hanya sebagai bentuk pelayanan yang bertanggung jawab, tetapi juga sebagai cerminan komitmen perusahaan dalam menjaga kepercayaan dan keamanan para penumpangnya. Kejadian ini juga menjadi pengingat bagi semua penumpang untuk selalu memeriksa barang bawaan mereka sebelum meninggalkan kereta, demi mencegah kehilangan atau tertinggalnya barang-barang berharga.
KAI Bandara juga terus mengingatkan pada penumpang, untuk melakukan pemesanan tiket serta memilih perjalanan KA Bandara dengan waktu yang cukup sebelum keberangkatan pesawat, yakni 2 jam sebelum keberangkatan domestik atau 3 jam sebelum keberangkatan internasional.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan KAI Bandara dapat diakses melalui website PT Railink, www.railink.co.id atau di media sosial IG : @kabandarailink, FB : @KABandaraRailink, Twitter: @RailinkARS dan email: [email protected]