Rabu, Juni 19, 2024
spot_img

Lewat JEJAK SETAPAK, Pertamina Kembangkan Pertanian Organik

InfoEkonomi.ID – Melihat potensi pertanian padi organik sebagai alternatif peningkatan kualitas padi untuk masyarakat Karawang, Pertamina EP (PEP) Subang Field menginisiasi program CSR JEJAK SETAPAK. Akronim dari Jerih Kerja Karawang, Semangat petani sehat ketahanan pangan meningkat, program ini mengambil lokasi di kelurahan Plawad, Kecamatan Karawang Timur.

Produk pertanian organik dinilai memiliki keunggulan secara ekonomi dan lingkungan karena dapat meregenerasi kesuburan tanah secara alami dan dapat menopang kegiatan pertanian dalam jangka panjang. Hal ini berbeda dengan pertanian non-organik yang mengandalkan pupuk kimia. Semakin lama penggunaan pupuk jenis ini justru berpengaruh pada berkurangnya kemampuan tanah untuk meregenerasi dirinya sendiri.

- Advertisement -

Dalam aspek ekonomi, keunggulan pertanian organik adalah memiliki nilai harga yang lebih tinggi dari beras non-organik. Hal ini karena kandungan gizi dan mineral yang terkandung dalam produk beras organik dinilai lebih baik daripada beras non-organik. Peningkatan gaya hidup sehat yang marak diterapkan turut meningkatkan nilai tawar beras organik sebagai pilihan produk yang lebih sehat.

Selain kegiatan pertanian padi organik, Program Jejak Setapak berusaha menggali potensi kalangan pemuda untuk turut dalam kegiatan sektor pertanian. Penerapan pertanian dengan sistem aquaponik memberikan peluang bagi para pemuda untuk bertani walaupun tidak memiliki lahan. Sistem aquaponik tersebut juga memungkinkan para pemuda untuk mengembangkan budidaya perikanan bersamaan dengan pertanian yang diusahakan.

- Advertisement -

Ndirga Andri Sisworo, Senior Manager Pertamina EP Subang Field menyampaikan bahwa Jejak Setapak ini sebagai kontribusi perusahaan dalam menjaga kondisi pertanian masyarakat agar tetap lestari.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Info Hari Ini

HOT NEWS

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img