Jumat, April 18, 2025

Simak Nih!! Strategi Digital Marketing Membuat Bisnis Berkembang

InfoEkonomi.ID – Di era digital, aktivitas marketing perlu bertransformasi menjadi digital marketing. Digital marketing adalah jenis pemasaran yang mempromosikan, menjual produk dan layanan dengan memanfaatkan media digital seperti, media sosial, google, dan email.

Lalu apa yang membuat digital marketing ini penting? Ada beberapa hal yang perlu dipahami, pertama, dengan menggunakan digital marketing kamu dapat menjangkau pasar yang lebih luas, hal ini karena banyaknya orang yang sudah terhubung dengan internet. Kedua, biaya yang dibutuhkan tidak sebesar marketing tradisional seperti iklan di tv. Dan ketiga, materi pemasaran dapat dalam berbagai bentuk (video, gambar, tulisan) dan memiliki banyak pilihan media yang mudah diakses.

- Advertisement -

Setelah memahami hal tersebut, bukan berarti digital marketing berjalan secara otomatis. Perlu berbagai proses agar membuat bisnis berkembang dengan baik, tentunya dengan menjalankan strategi digital marketing sebagai berikut;

1. Menerapkan SEO

- Advertisement -

Search Engine Optimization atau SEO adalah metode yang digunakan untuk membuat situs website atau blog kamu berada di posisi pertama mesin pencari seperti Google. SEO ini bertujuan untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas atau orang menuju ke situs web sebuah brand. Salah satu hal dasar pada praktik SEO adalah mengoptimalkan penggunaan keyword dan pembaruan website.

2. Menggunakan Pay-Per-Click Advertising

Pay-per-click atau PPC adalah model pemasaran internet di mana pengiklan membayar biaya setiap kali iklan mereka diklik. Biasanya iklan tersebut terdapat pada halaman pencarian google dengan menggunakan layanan Google Ads. Pay-per-click atau PPC ini bertujuan untuk menjangkau lebih orang-orang yang melakukan pencarian di google dengan sebuah keyword.

3. Content Marketing

- Advertisement -

Content marketing memiliki tujuan untuk menjangkau, melibatkan, dan terhubung dengan konsumen melalui berbagai konten agar brand awareness dari bisnismu meningkat. Brand dapat memberikan konten berupa video, artikel pada blog, infografis, dan lainnya.

4. Memanfaatkan Social Media Marketing

Social media marketing adalah penggunaan platform media sosial untuk terhubung dengan audience untuk membangun merek dari bisnis kamu, meningkatkan penjualan, dan mengarahkan lalu lintas situs web. Untuk diketahui, saat ini 71% konsumen yang memiliki pengalaman positif dengan suatu merek di media sosial cenderung merekomendasikan merek tersebut kepada teman dan keluarga mereka. Hal ini membuat penggunaan media sosial tidak dapat diremehkan dalam bisnis dan marketing.

5. Email marketing

Pemasaran email berfokus pada mempertahankan pelanggan yang sudah ada, serta mendapatkan pelanggan baru. Ini adalah teknik yang sangat baik untuk membangun kesadaran merek, menjaga perusahaan Anda tetap diingat, dan mendorong pembelian berulang. Tujuan utama email marketing adalah untuk membangun hubungan dengan pelanggan dan memberikan informasi bermanfaat kepada mereka. Informasi tersebut dapat seperti berita produk terbaru dan kupon diskon. Sehingga dapat membuat mereka terus kembali membeli produmu.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Ikuti Kami

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

Terbaru

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img