InfoEkonomi.ID – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyelenggarakan kegiatan Open House Balai Yasa Kereta Api dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-77 KAI serta mengedukasi masyarakat terkait proses perawatan kereta dan lokomotif yang ada di berbagai Balai Yasa milik KAI.
Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, KAI mengajak masyarakat untuk dapat melihat langsung seluk-beluk Balai Yasa Kereta Api yang selama ini tidak dapat diakses oleh masyarakat umum. Open House Balai Yasa bertujuan untuk memberikan wadah berinteraksi langsung antara masyarakat dan Balai Yasa Kereta Api.
“Open House Balai Yasa ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-77 KAI yang diperingati pada 28 September dengan tema Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik. Kali ini KAI merayakan ulang tahunnya bersama-sama masyarakat melalui kegiatan Open House Balai Yasa,” kata Didiek Kamis (22/9).
KAI ingin mengenalkan kepada masyarakat bahwa layanan KAI tidak hanya berada di lingkungan stasiun, tapi KAI juga memiliki bengkel kereta api yang modern yaitu Balai Yasa. Balai Yasa berperan dalam merawat sarana guna memastikan keselamatan dan kenyamanan pelanggan.
Balai Yasa memiliki tugas untuk melakukan perawatan besar sarana perkeretaapian periode 2 tahunan dan 4 tahunan dengan tingkat kesulitan kompleks. Sarana yang dimaksud yaitu lokomotif, kereta penumpang, gerbong barang, dan fasilitas-fasilitas sarana lainnya. Sedangkan untuk perawatan rutin seperti harian, 6 bulanan, dan 1 tahunan dengan tingkat kerusakan sarana ringan dilakukan di Depo.