Minggu, Maret 16, 2025

BPJS Kesehatan Keliling Permudah Masyarakat Akses Layanan Administrasi

BPJS Kesehatan terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas layanan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Salah satu inovasi yang memberikan kemudahan akses layanan administrasi adalah BPJS Kesehatan Keliling. Layanan ini memungkinkan peserta mengurus berbagai keperluan tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan, menjangkau langsung masyarakat di berbagai lokasi.

Melalui BPJS Kesehatan Keliling, peserta dapat lebih mudah mengakses layanan kepesertaan sekaligus mendapatkan edukasi mengenai transformasi digital BPJS Kesehatan, seperti penggunaan Aplikasi Mobile JKN.

- Advertisement -

Sukmawati Manfaatkan BPJS Kesehatan Keliling untuk Cek Status Kepesertaan

Salah satu peserta yang merasakan manfaat layanan ini adalah Sukmawati (36), warga Desa Maddenra, Kecamatan Kulo, Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap). Sukmawati memanfaatkan BPJS Kesehatan Keliling untuk mengecek status kepesertaan JKN miliknya dan keluarga agar tetap aktif serta bisa digunakan kapan saja jika dibutuhkan.

- Advertisement -
Baca Juga: BPJS Kesehatan Kotabumi Maksimalkan Peran Kader JKN Lewat Monitoring dan Evaluasi

“Ini pertama kalinya saya menggunakan layanan BPJS Kesehatan Keliling. Begitu mendengar ada pelayanan di kantor desa, saya langsung datang untuk memastikan status kepesertaan saya dan keluarga tetap aktif. Petugasnya sangat ramah dan sigap membantu,” ungkap Sukmawati pada Kamis, 16 Januari lalu.

Solusi Praktis untuk Masyarakat

Menurut Sukmawati, BPJS Kesehatan Keliling sangat membantu, terutama bagi warga yang kesulitan mengunjungi kantor BPJS Kesehatan karena jarak yang jauh. Dengan adanya layanan ini, ia dapat mengurus administrasi kepesertaan JKN dengan mudah dan cepat.

“Layanan ini benar-benar memudahkan, terutama bagi kami yang jauh dari kantor BPJS Kesehatan. Saya bisa mengecek status kepesertaan, yang alhamdulillah masih aktif dengan segmen kepesertaan yang ditanggung pemerintah. Selain itu, saya juga memperbarui data NIK yang sebelumnya tidak sesuai dengan kartu JKN,” jelasnya.

- Advertisement -

Sukmawati menambahkan bahwa pengalaman menggunakan BPJS Kesehatan Keliling sangat memuaskan. Menurutnya, pelayanan yang diberikan setara dengan layanan di kantor BPJS Kesehatan.

“Petugasnya sangat informatif. Saya juga mendapatkan informasi terbaru mengenai kepesertaan JKN, termasuk manfaat Aplikasi Mobile JKN,” katanya.

Aplikasi Mobile JKN: Solusi Digital untuk Kemudahan Layanan

Sebelumnya, Sukmawati sudah mengetahui tentang Aplikasi Mobile JKN melalui keluarganya yang rutin menggunakannya untuk pendaftaran dan antrean di fasilitas kesehatan. Setelah mendapatkan penjelasan lebih lanjut dari petugas BPJS Kesehatan Keliling, ia akhirnya memutuskan untuk mengunduh aplikasi tersebut.

“Aplikasi Mobile JKN sangat membantu. Ada banyak fitur yang memudahkan, seperti informasi peserta, perubahan data, dan berbagai layanan lainnya yang bermanfaat,” ujarnya.

Sebagai pengguna layanan JKN, Sukmawati berharap BPJS Kesehatan terus mengembangkan inovasi untuk memberikan kemudahan kepada peserta.

“Semoga BPJS Kesehatan terus meningkatkan layanan bagi peserta. Saya juga pernah mendampingi keluarga berobat ke puskesmas, dan pelayanannya sangat baik. Kami sekeluarga berharap selalu diberikan kesehatan,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel Lainnya di Google News

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Ikuti Kami

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

Terbaru

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img