InfoEkonomi.ID – Tren pengguna Commuter Line di wilayah Jabodetabek terus menunjukkan peningkatan, transaksi melalui Kartu Multi Trip (KMT) di semester pertama tercatat lebih dari 86 juta. Untuk pengguna KMT bersiap-siap menambah koleksinya, KAI Commuter bekerja sama dengan LINE FRIENDS untuk meluncurkan KMT Special Edition BT21.
Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto menyampaikan bahwa dengan launching-nya KMT Edisi Khusus BT21 ini merupakan hasil inovasi, kolaborasi sekaligus apresiasi kepada pengguna commuter line dan juga menuju HUT KAI Commuter yang ke-16. “Tahun ini, KAI Commuter akan menghadirkan KMT spesial BT21.” imbuhnya.
Data terbaru di bulan Juli 2024 terakumulasi jumlah pengguna Commuter Line diangka 29.184.007, atau naik 9% dibandingkan Juni 2024 yang mencatat 26.739.000 orang. Sedangkan hingga 31 Juli 2024, total volume pengguna sudah mencapai 186.000.158 orang.
Terkait transaksi melalui KMT, KAI Commuter juga membukukan data hingga 30 Juni 2024 sebanyak 86.011.655 transaksi pembayaran atau sebesar 54,85% dari total volume pengguna. “Dari data penjualan KMT sejak tahun 2015, KAI Commuter sudah menjual 15,5 juta kartu.” jelas Asdo.
Angka-angka ini menunjukkan bahwa KMT merupakan pilihan utama untuk transaksi tiket di Commuter Line. Sebagai inovasi berkelanjutan, KAI Commuter meluncurkan KMT Edisi Khusus BT21 untuk para pengguna commuter line dimana pun berada pada khususnya dan para armi Indonesia pada umumnya. KAI Commuter akan memperkenalkan 16 desain BT21 yang dibagi dalam 4 batch, menampilkan karakter BT21 dari LINE FRIENDS.
Asdo juga menjelaskan bahwa peluncuran KMT Edisi Khusus BT21 pada tahap pertama akan diluncurkan mulai Senin, 12 Agustus 2024 di Stasiun BNI City sebanyak 200 ribu kartu. “Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan KMT tersebut lebih awal bisa menghadiri acara peluncurannya.” tambah Asdo.
Selanjutnya KAI Commuter akan menjual KMT Edisi BT21 di seluruh loket Commuter Line Jabodetabek dan Wilayah 6 Yogyakarta, mulai Selasa, 13 Agustus 2024. KMT Edisi khusus ini berbandrol 60 ribu rupiah sudah termasuk saldo 10 ribu rupiah.
Pada peluncuran tersebut, KAI Commuter juga menghadirkan penyanyi Tiara Andini untuk meramaikan acara. Dengan mengusung tema COMMUVERSE, acara peluncuran KMT Edisi Khusus BT21 akan dipastikan meriah, dilengkapi ornamen dan photobooth dengan tema BT21.
“Dengan menggunakan KMT, para pengguna Commuter Line akan mendapat banyak sekali kemudahan, antara lain pengguna tidak perlu mengantre di loket ketika akan bepergian.” tutup Asdo.