Senin, Mei 27, 2024
spot_img

BERITA UNGGULAN

Indonesia Kembali Temukan Gas Besar: Dorongan Ketahanan Energi Nasional

InfoEkonomi.ID – Indonesia melalui SKK Migas bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Mubadala Energy kembali menemukan harta karun berupa gas besar dari sumur eksplorasi laut dalam Tangkulo-1 di Blok South Andaman. Sumur ini terletak sekitar 65 kilometer lepas pantai bagian utara Pulau Sumatera, Indonesia.

Penemuan ini menandai keberhasilan kedua sumur laut dalam yang dioperasikan oleh Mubadala Energy di wilayah tersebut. Sumur Tangkulo-1 berhasil dibor hingga kedalaman 3.400 meter di laut dengan kedalaman 1.200 meter. Sebelumnya, penemuan besar juga terjadi di sumur Layaran-1 di blok yang sama.

- Advertisement -

Sumur Tangkulo-1 mengungkapkan sekitar 80 meter kolom gas pada reservoar Oligocene sandstone berkualitas, yang dikonfirmasi melalui pengumpulan data selama pengeboran. Data ini mencakup 72 meter full core, wireline logging, sidewall core, tekanan, dan sampel fluida.

Menggunakan desain terbaru Drill Stem Test (DST), sumur Tangkulo-1 berhasil mengalirkan 47 juta kaki kubik standar per hari (mmscf/d) gas berkualitas dan 1.300 barel kondensat. Meskipun pengujian terbatas karena fasilitas yang tersedia, kapasitas sumur diperkirakan mencapai 80-100 mmscf/d dan lebih dari 2.000 barel kondensat.

- Advertisement -

“Atas nama SKK Migas, saya memberikan apresiasi atas keberhasilan Mubadala Energy yang kembali menemukan potensi gas di South Andaman, setelah sebelumnya di tahun lalu menemukan gas melalui sumur Layaran-1 dengan potensi sebesar 6 TCF gas in place,” kata Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto dalam keterangan tertulis, Selasa (14/5/2024).

Dengan begini potensi di South Andaman saat ini mencapai sekitar 8 TCF gas in place. Hal Ini dinilai memberikan dorongan positif bagi SKK Migas dan Industri Hulu Migas dalam mendukung ketahanan energi nasional.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Info Hari Ini

HOT NEWS

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img