Senin, Mei 27, 2024
spot_img

BERITA UNGGULAN

7 Cara Ekonomis untuk Memanaskan Kolam dan Menghemat Biaya

INFOEKONOMI.ID — Cara paling ekonomis untuk memanaskan kolam sebenarnya memiliki dua aspek. Hal ini sebagian bergantung pada cara Anda memanaskannya dan sebagian lagi pada seberapa baik Anda menjaga air tetap hangat. Tidak ada seorang pun yang mau terjun ke kolam yang sangat dingin. Kebanyakan orang merasa air di bawah 75° terasa dingin. Para ahli menyarankan Anda menjaga suhu antara 77 dan 82 derajat.

Pemanasan itu mahal jika Anda tidak tahu cara paling ekonomis untuk memanaskan kolam di dalam tanah. Itu sebabnya kami membagikan ide tentang cara memanaskan kolam dengan murah, termasuk cara termurah untuk memanaskan kolam renang.

- Advertisement -

1. Gunakan pemanas matahari sebagai sumber utama

Apa cara termurah untuk memanaskan kolam dalam, atau bahkan kolam di atas tanah? Itu mudah. Jangan lakukan apa pun dan biarkan matahari bersinar. Pada hari-hari yang cerah dan panas, kolam Anda akan menjadi hangat dalam waktu singkat.

Bukan itu yang dipikirkan kebanyakan orang ketika memikirkan pemanasan tenaga surya. Sebaliknya, mereka berbicara tentang sistem pemanas yang mencakup panel surya untuk menyalakan pemanas dan pompa kolam listrik. Meskipun sistem ini memerlukan biaya awal yang signifikan, ini adalah salah satu cara paling ekonomis untuk memanaskan kolam. Sistem pemanas kolam tenaga surya mungkin tidak ideal jika Anda tinggal di wilayah atau properti yang tidak mendapat sinar matahari penuh secara teratur. Jika Anda tidak dapat menempatkan kolektor surya di tempat yang ideal, ini bukanlah pilihan yang baik.

- Advertisement -

2. Gunakan heat pump Anda pada waktu terhangat dalam sehari

Heat pump adalah pilihan yang ekonomis. Memilih waktu yang tepat untuk menjalankan heat pump adalah cara memanaskan kolam dengan murah di mana pun Anda tinggal. Karena pompa kalor mendapatkan panasnya dari udara, Anda akan meningkatkan efisiensinya secara signifikan jika Anda menjalankannya pada waktu terhangat di siang hari. Memotong penggunaan energi dengan pengaturan waktu yang cermat dapat menghemat uang Anda.

3. Gunakan selimut kolam untuk mengontrol penguapan

Mengetahui cara paling ekonomis untuk memanaskan kolam saja tidak cukup, Anda juga perlu mencegah hilangnya panas. Penguapan merupakan proses pendinginan dan merupakan penyebab utama hilangnya panas pada air kolam. Selimut kolam akan sangat mengurangi penguapan.

Selimut kumpulan penerapan otomatis memerlukan sedikit usaha untuk digunakan. Tekan sebuah tombol dan motor akan menggelindingkannya di sepanjang jalur di setiap sisi kolam Anda. Alternatif berteknologi rendah dan berbiaya lebih rendah adalah selimut gelembung atau selimut mengambang yang diletakkan di atas permukaan air kolam. Keduanya merupakan cara terbaik untuk menghemat air selama musim panas.

4. Lindungi kolam Anda dari angin

Angin menciptakan riak, yang meningkatkan luas permukaan kolam, mempercepat penguapan dan kehilangan panas. Angin dapat membawa lapisan kecil udara hangat lembab ke permukaan kolam, sehingga menyebabkan penguapan lebih lanjut. Jika Anda dapat melindungi kolam dari angin, Anda dapat menyimpan lebih banyak panas di air kolam.

- Advertisement -

Pagar dan tumbuh-tumbuhan merupakan penahan angin yang baik. Selain menjadi salah satu tip hemat energi musim panas yang umum, melindungi kolam dan rumah Anda dari angin dapat menghemat uang Anda sepanjang tahun.

5. Pilih HPPH efisiensi tinggi dan ukur dengan benar

Saat mempertimbangkan cara termurah untuk memanaskan kolam inground, banyak orang memilih Heat Pump Pool Heater (HPPH). Mereka lebih efisien daripada pemanas gas, propana, atau listrik tradisional. Efisiensi diukur dengan koefisien kinerja (COP), yang dihitung dengan membandingkan jumlah panas berguna yang dihasilkan untuk setiap unit energi yang digunakan. Semakin tinggi COP, semakin efisien unit tersebut.

6. Kurangi suhu kolam beberapa derajat

Semakin hangat Anda menyimpan air kolam, semakin besar biaya untuk memanaskannya. Departemen Energi AS menjelaskan konsumsi energi pemanas kolam, dengan menunjukkan bahwa setiap suhu yang lebih tinggi akan dikenakan biaya 10–30 persen lebih banyak. Kisaran biaya tersebut disebabkan oleh cuaca. Dibutuhkan lebih sedikit energi untuk menjaga kolam Anda tetap hangat di daerah yang lebih hangat, karena Anda tidak melawan suhu sekitar. Pengaturan suhu kolam adalah bagian dari banyak kontrol otomatis kolam dan bak mandi air panas.

7. Gunakan pemanas air kolam renang terbaik dari Wika

Anda bisa langsung menggunakan pemanas air kolam renang dari BUMN Wika, karena dengan menggunakan produk BUMN dari Wika maka anda akan menghemat banyak uang dan juga listrik lebih hemat. Oleh sebab itu kami rekomendasikan untuk menggunakan Wika. Ok!

Lebih banyak cara untuk meningkatkan efisiensi kolam Anda

Berikut adalah beberapa tip tambahan hemat energi kolam renang dan jawaban atas pertanyaan tentang cara termurah untuk memanaskan kolam inground.

  • Batasi penguapan air. Selimut kolam dan penahan angin akan mengurangi penguapan secara signifikan dan mengakibatkan hilangnya panas.
  • Pasang pompa kolam hemat energi. Heat pump kolam renang adalah pilihan Anda yang paling hemat energi, dalam banyak kasus.
  • Gunakan pencahayaan luar ruangan yang hemat energi. Lampu LED akan membakar lebih sedikit energi dibandingkan lampu pijar tradisional. Memilih lampu tenaga surya akan semakin mengurangi konsumsi energi Anda.
  • Panaskan kolam hanya jika Anda berencana menggunakannya. Jaga suhu air kolam pada suhu rendah hingga pertengahan 70an, lalu besarkan api sekitar satu jam sebelum Anda berencana menggunakan kolam. Balikkan kembali dan letakkan selimut kolam di tempatnya untuk menahan suhu di antara waktu berenang.
  • Ikuti terus pemeliharaannya. Jika pompa dan filter Anda bersih dan berfungsi dengan lancar, Anda mungkin akan menghemat uang untuk penggunaan energi dan keausan.
  • Bersihkan heat pump. Lakukan pembersihan terhadap heat pump anda.
  • Jangan mubazir. Pastikan anda menggunakan heat pump apabila memang ingin berenang dengan air hangat dan tentu saja akan menghemat biaya pengeluaran dan itu bagus untuk budget keuangan anda dengan begitu hemat biaya.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Info Hari Ini

HOT NEWS

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img