Senin, Mei 27, 2024
spot_img

BERITA UNGGULAN

BPJS Kesehatan Jalin Kerja Sama dengan Lazismu, Bantu Lunasi Tunggakan Iuran Anggota

InfoEkonomi.ID – Sebanyak 67 anggota Muhammadiyah yang memiliki tunggakan iuran di wilayah Jakarta mendapatkan donasi dari Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) melalui program USAID Catalyze. Donasi tersebut diberikan kepada BPJS Kesehatan melalui kegiatan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama pada Senin, (13/05).

Adapun ruang lingkup pekerjaan dalam kerja sama tersebut yaitu penggalangan dana zakat, infak dan sedekah, penyaluran sedekah kepada anggota muhammadiyah untuk pendaftaran peserta baru, penyaluran zakat, infak dan sedekah kepada anggota muhammadiyah untuk peserta yang menunggak iuran, pelaksanaan Training of Trainer (ToT) kepada anggota muhammadiyah yang ditetapkan dan sosialisasi Program Jaminan Sosial dan JKN kepada anggota muhammadiyah.

- Advertisement -

Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan, Arief Witjaksono Juwono Putro mengatakan kolaborasi antara BPJS Kesehatan dengan organisasi Muhammadiyah bukan kali pertama terjadi. Hingga saat ini, sebanyak 115 jejaring Rumah Sakit PKU Muhammadiyah telah melayani peserta JKN di seluruh Indonesia. Melalui kerja sama yang dilakukan dengan Lazismu, semakin melengkapi kebermanfaatan Program JKN kepada seluruh masyarakat Indonesia.

“Kami menyadari bahwa tidak semua penduduk Indonesia memiliki kemampuan membayar yang baik dalam mengikuti program JKN. Masih banyak penduduk Indonesia yang tidak memiliki kemampuan membayar namun tidak mendapatkan program subsidi dari pemerintah (pusat maupun daerah), sehingga kepesertaan jaminan kesehatan mereka menjadi non aktif karena memiliki tunggakan iuran yang cukup siginifikan,” kata Arief.

- Advertisement -

Atas kondisi tersebut, BPJS Kesehatan telah memberikan solusi melalui inovasi program Pendanaan Masyarakat Peduli JKN (PIPMPJ). Program tersebut merupakan sebuah katalisator yang sangat baik dan akuntabel bagi para donatur baik dari sektor individu, badan usaha, maupun badan amal zakat.

“Kami mengapresiasi langkah yang ditunjukkan Lazismu yang telah berkontribusi dalam memberi bantuan untuk membayarkan tunggakan kepesertaan. Harapannya langkah yang dilakukan dapat menjadi contoh bagi lembaga lainnya untuk turut berperan serta dalam program pendanaan Program JKN. Melalui kerja sama yang dilakukan juga kami berharap peserta menunggak Program JKN khususnya yang berasal dari anggota muhammadiyah dapat terbantu sehingga mereka bebas dari risiko biaya kesehatan apabila jatuh sakit,” jelas Arief.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Info Hari Ini

HOT NEWS

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img