Senin, Mei 27, 2024
spot_img

BERITA UNGGULAN

Lika-liku Perjalanan Akuisisi Bank Muamalat oleh BTN Syariah

InfoEkonomi.ID – Rencana proses akuisisi antara PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. dan BTN Syariah telah menuju ke tahap penting selanjutnya yakni uji kelayakan atau due diligenc, yang menandakan titik balik yang menarik dalam industri keuangan syariah Indonesia.

Seperti diketahui, BTN Syariah yang merupakan unit usaha syariah (UUS) milik PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) hendak melakukan pelepasan atau spin off. Dalam perjalanan tersebut, Bank Muamalat diincar sebagai kandidat untuk menjadi “cangkang” guna membentuk bank umum syariah (BUS) yang independen.

- Advertisement -

Direktur Utama BTN, Nixon L.P. Napitupulu, sebelumnya menyatakan bahwa proses uji kelayakan diharapkan selesai pada April 2024. Namun, Corporate Secretary Bank Muamalat, Hayunaji, menegaskan bahwa proses tersebut masih berlangsung dan belum ada kepastian mengenai akuisisi tersebut.

“Dapat kami sampaikan bahwa saat ini proses due diligence masih terus berjalan,” kata Hayunaji saat dihubungi CNBC Indonesia, Selasa (23/4/2024).

- Advertisement -

“Terkait dengan tindaklanjutnya, kami akan mengikuti strategi dan arahan dari Pemegang Saham Pengendali Bank Muamalat.”

Sementara itu, sebelumnya Anggota Badan Pelaksana BPKH Harry Alexander belum bisa memastikan apakah due diligence dapat selesai pada bulan April, dan itu bergantung pada pembahasan internal. Ia kemudian menyebut adanya “dinamika di DPR” dalam proses akuisisi ini.

“Kami juga masih dalam pembahasan, artinya kami mengikuti saja. Memang kemaren ada dinamika di DPR juga, seperti itu. Kami hanya mengikuti semua stakeholders,” ujar Harry usai Mini Talk Show Bank Mega Syariah dan BPKH di Masjid Istiqlal, Rabu (3/4/2024) lalu.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Info Hari Ini

HOT NEWS

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img