Rabu, April 24, 2024
spot_img

BERITA UNGGULAN

Wow! Indonesia Tambah Kepemilikan Saham di Freeport Jadi 61 Persen

- Advertisement -

InfoEkonomi.ID – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia mengungkapkan pemerintah Indonesia telah berdiskusi dengan PT Freeport Indonesia (PTFI) terkait penambahan kepemilikan saham di Freeport menjadi 61 persen, atau meningkat 10 persen dari sebelumnya yang hanya 51 persen.

Oleh karena itu, pemerintah tengah mengebut revisi Peraturan Pemerintah (PP) nomor 96 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batu Bara. Nantinya, saat revisi PP ini sudah selesai maka rencana tersebut akan segera dilaksanakan.

- Advertisement -

“Kalau ini terjadi maka potensi penambahan saham Freeport untuk Republik Indonesia yang sekarang sudah 51 persen, ke depan itu menjadi 61 persen. Artinya Freeport, bukan lagi milik orang lain, milik kita karena saham kita sudah 61%,” kata Bahlil dalam konferensi pers Prospek Investasi Pasca Pemilu 2024 yang dilansir dari Liputan6.com, Senin (18/3/2024).

Bahlil menambahkan, PP 96 Tahun 2021 ini memberikan kepastian investasi yang berkelanjutan terutama investasi dengan jumlah besar. Aturan ini juga tidak untuk diperlakukan spesifik kepada perusahaan tertentu, tetapi semua perusahaan.

- Advertisement -

Proyek Smelter Freeport Indonesia di Gresik Digarap 40.000 Pekerja
Sebelumnya, PT Freeport Indonesia (PTFI) yang tengah mempercepat proyek pembangunan smelter tembaga di kawasan Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur.

Grup MIND ID percaya bahwa karyawan dan pengembangan kompetensi merupakan hal terpenting dalam mewujudkan keberlangsungan bisnis.

Progres pembangunan smelter tembaga tersebut sudah mencapai 90,6 persen per Desember 2023 dan ditargetkan mulai beroperasi pada Juni 2024 mendatang. Pabrik pemurnian tembaga itu merupakan bagian dari percepatan hilirisasi tambang yang dicanangkan pemerintah.

“Progres pembangunan smelter ini sesuai dengan perencanaan dan ditargetkan mulai beroperasi pada pertengahan tahun 2024 mendatang,” kata Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf, Senin (11/3/2024).

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Info Hari Ini

HOT NEWS

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img