InfoEkonomi.ID – Menjadi perusahaan asuransi jiwa yang kuat, berorientasi jangka panjang dan telah memiliki pengalaman sejak 1908 di Singapura dan Malaysia, Great Eastern melebarkan sayapnya dengan mendirikan PT Great Eastern Life Indonesia pada 1996.
Dengan visi untuk Menjadi penyedia jasa layanan keuangan di Indonesia yang dikenal akan keunggulannya, Great Eastern Life Indonesia hadir untuk membuat hidup lebih indah dengan menyediakan keamanan keuangan dan mempromosikan hubungan yang sehat dan bermakna.
Untuk itu Great Eastern Life Indonesia pun menyediakan rangkaian produk asuransi yang diciptakan guna memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat dalam hal pengembangan kekayaan, perlindungan keluarga, perlindungan kesehatan, rencana hari tua dan rencana pendidikan anak melalui beberapa jalur distribusi seperti Bancassurance dan Digital.
Seperti apa progres Great Eastern Life Indonesia terkini, berikut wawancara eksklusif InfoEkonomi.ID bersama President Direktor PT Great Eastern Life Indonesia, Clement Lien Cheong Kiat.
Bagaimana overview Anda terhadap performance perusahaan setahun terakhir?
Berdasarkan Laporan Tahunan 2021 (Audited), kinerja keuangan Great Eastern Life Indonesia menunjukkan hasil yang memuaskan.
- Rasio Pencapaian Solvabilitas mencapai 683 persen.
- Jumlah aset Rp8,154 triliun (meningkat 16 persen dibandingkan tahun sebelumnya).
- Jumlah pendapatan Premi bruto Rp2,331 triliun (meningkat 22 persen dibandingkan tahun sebelumnya).
- Jumlah laba bersih Rp29,73 miliar (meningkat 44,48 persen).
Rasio solvabilitas dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk mengetahui sanggup atau tidaknya perusahaan asuransi membayarkan klaim nasabahnya. Berdasarkan ketentuan OJK, perusahaan asuransi harus memiliki rasio solvabilitas minimal di atas 120 persen. Pencapaian terakhir Great Eastern Life Indonesia menunjukkan bahwa rasio solvabilitas perusahaan sudah melampui standar ketetapan. Begitu pun dengan jumlah aset, pendapatan Premi bruto, serta laba bersih yang terus meningkat.
Dari sisi bisnis, pada 2021 bisnis baru terus tumbuh sebesar 16 persen year-on-year. Kami juga terus mengoptimalkan metode penjualan tanpa tatap muka sebagai alternatif aktivitas penjualan yang sistematis sesuai ketentuan OJK. Pengoptimalan tersebut diimbangi dengan berbagai program pendukung untuk Bank Seller dan Financial Advisor (FA).
Seperti apa visi dan misi perusahaan dalam membangun corporate brand-nya?
Visi Great Eastern Life Indonesia; Menjadi penyedia jasa layanan keuangan di Indonesia yang dikenal akan keunggulannya. Sementara misi Great Eastern Life Indonesia; Untuk membuat hidup lebih indah dengan menyediakan keamanan keuangan dan mempromosikan hubungan yang sehat dan bermakna.
Setelah selama 3 tahun Great Eastern Life Indonesia membantu masyarakat siap menghadapi berbagai tantangan yang dapat terjadi dalam kehidupan, khususnya selama Pandemi Covid-19, melalui kampanye #HidupHarusGini dan #SiapJalaniHidup, kini Great Eastern Life Indonesia mengajak setiap masyarakat Indonesia untuk memasuki babak baru dalam kehidupan untuk tidak ragu dalam meraih berbagai aspirasi kehidupannya dan jadi hebat melalui kampanye #ReachforGreat. Selaras dengan semangat positif kampanye baru perusahaan, Reach for Great, Great Eastern Life Indonesia akan melindungi masyarakat Indonesia dan melalui beragam produk perlindungan serta layanan. Dengan produk dan solusi yang inovatif, masyarakat Indonesia dapat menjalani hidup dengan tenang, berfokus mengejar aspirasinya, dan jadi hebat, Reach for Great.
Bagaimana Anda melihat kompetisitas usaha saat ini?
Per 2022, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dengan optimis menyatakan adanya peningkatan kesadaran masyarakat dalam berasuransi. Hal tersebut tentunya merupakan angin segar bagi perusahaan asuransi. Kami berharap bahwa setiap perusahaan asuransi memiliki keunggulannya masing-masing untuk menjawab berbagai kebutuhan masyarakat Indonesia yang beragam. Tentunya hal ini juga sejalan dengan target pemerintah untuk mencapai tingkat inklusi keuangan sebesar 90 persen pada 2024 mendatang.
Berapa jumlah cabang saat ini? Ada di mana saja?
Saat ini kami tidak memiliki kantor cabang, hanya saja kami memiliki berbagai jalur distribusi yang dapat dengan mudah dicapai oleh masyarakat Indonesia serta Financial Advisor yang siap membantu calon nasabah dalam menentukan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Jalur distribusi tersebut meliputi Bancassurance, Group Insurance dan website GoGREAT!
· Bancassurance (kerja sama dengan bank)
Great Eastern Life Indonesia telah bekerja sama dengan beberapa bank besar Indonesia dalam mengembangkan dan mendistribusikan produk asuransi yang sesuai dengan profil nasabah bank.
· Group Insurance
Melalui Group Insurance, perusahaan bisa mendapatkan produk asuransi kumpulan yang sesuai dengan kebutuhannya untuk memberikan perlindungan bagi karyawannya.
· GoGREAT!
GoGREAT! merupakan inovasi digital dari Great Eastern Life Indonesia untuk mempermudah masyarakat Indonesia mendapatkan perlindungan yang sesuai dengan kebutuhannya dengan mengakses alamat situs id.gelife.co/gogreat.
Dengan berbagai jalur distribusi yang tersedia, masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan proteksi yang sesuai dengan kebutuhan.
Apa yang menjadi keunggulan dan yang menjadi magnet bagi publik?
Keunggulan Great Eastern Life Indonesia berupa inovasi-inovasi yang selalu kami hadirkan. Dari sisi produk, kami aktif meluncurkan produk-produk perlindungan inovatif untuk kebutuhan masyarakat.
Beberapa produk inovatif yang kami luncurkan baru-baru ini, seperti:
· GREAT Prestige Protector: produk yang memberikan kepastian perlindungan aset dan perlindungan diri yang optimal. Produk ini memberikan kepastian imbal hasil yang tetap selama 10 tahun pertama dan kepastian perlindungan melalui nilai Uang Pertanggungan yang tetap selama 10 tahun pertama walaupun sudah terjadi penarikan dana. Tentunya produk ini merupakan jawaban untuk berbagai ketidakpastian situasi yang saat ini sedang terjadi.
· Asuransi GREAT Pro Solution, asuransi yang dapat dibeli melalui website GoGreat! Dan memberikan manfaat meninggal dunia yang disebabkan karena kecelakaan sebagai produk dasar. Produk ini memiliki berbagai asuransi tambahan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, seperti Asuransi Kesehatan (Rawat Inap, Rawat Jalan & Dental), Asuransi Meninggal Dunia, dan Penyakit Kritis).
Dari sisi layanan, kami juga meluncurkan beberapa inovasi seperti:
· GoGreat! Services: customer portal untuk nasabah asuransi individu yang mempermudah nasabah melihat informasi polis serta melakukan fund switch secara mandiri
· Great Eastern Corporate App: customer portal untuk nasabah asuransi kumpulan dimana salah satunya nasabah bisa melakukan e-claim submission, melihat manfaat asuransi, membuat janji temu dengan dokter di Rumah Sakit tertentu dan berbagai fitur lainnya. Aplikasi Great Eastern Corporate ini juga telah mendapatkan penghargaan sebagai Mobile App of the Year dari Insurance Asia Awards 2022.
Bagaimana dengan kebijakan untuk menarik nasabah?
Great Eastern Life Indonesia selalu berusaha menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia dengan mengembangkan produk serta layanan yang menjadi terobosan di industri. Hal ini dapat dilihat dari berbagai varian produk yang telah kami hadirkan serta inovasi digital yang terus kami kembangkan agar nasabah bisa mendapatkan layanan terbaik dari kami.
Kendala krusial apa yang paling menjadi penghambat bagi perusahaan untuk mempertahankan prestasi yang telah diraih?
Kami tidak menyebutnya sebagai kendala, melainkan sebagai tantangan. Tantangan yang masih kami hadapi ialah penetrasi pasar asuransi di Indonesia masih sangat rendah ditambah dengan literasi keuangan masyarakat yang juga masih sangat rendah. Karena itu, kami terus mendukung program pemerintah untuk meningkatkan literasi keuangan dan penetrasi asuransi di Indonesia.
Inovasi apa saja yang telah dilakukan? Seberapa banyak perusahaan telah melakukan inovasi setahun terakhir ini?
Tahun ini, Great Eastern Life Indonesia banyak melakukan transformasi digital. Kami membangun ekosistem digital secara komprehensif seperti:
1. Aplikasi Great Eastern Corporate untuk nasabah Asuransi Kumpulan. Melalui aplikasi ini, nasabah dapat melihat detail benefit, histori klaim, submit e-klaim, konsultasi dokter online, hingga membuat janji dengan dokter.
2. HR/Broker Portal untuk nasabah Asuransi Kumpulan. Para HR korporat dapat mengelola dashboard, melihat detail benefit asuransi, melihat informasi peserta, menambah dan/atau mengurangi peserta, serta mengelola tagihan premium dan ekses klaim.
3. GoGREAT! Services, portal untuk nasabah asuransi individu. Melalui portal ini, nasabah dapat melakukan Fund Switch (untuk nasabah dengan polis unit link), melihat informasi polis dan manfaat asuransi, melihat informasi personal, mengubah frekuensi pembayaran premi, mengubah metode pembayaran premi, mengunduh laporan transaksi, e-polis, serta e-endorsement.
4. GoGREAT Sales Website, website untuk pembelian asuransi secara online.
5. Great Advice, sebuah Mobile Point of Sales untuk tenaga pemasar (Financial Advisor/FA). Melalui Great Advice, para FA dapat menginput Surat Permintaan Asuransi Jiwa secara online.
Bagaimana perusahaan membangun client engagement/loyalty?
Dalam membangun client engagement, kami memiliki program umpan balik atau customer voice & customer satisfaction survey. Kami meminta umpan balik secara berkala kepada nasabah dan menggunakan masukan nasabah sebagai dasar untuk melakukan perbaikan secara terus menerus. Kami pun menginformasikan kembali kepada nasabah untuk program yang sudah berhasil dilakukan berdasarkan masukan nasabah sehingga nasabah akan merasa didengar, diperhatikan.
Dari sisi program Bancassurance, kami membuat UpGreat Program, yakni Double Reward untuk nasabah existing yang melakukan top-up atau pembelian polis baru. Kami juga memberikan reward untuk nasabah-nasabah yang sedang berulang tahun.
Seperti apa bentuk kegiatan perusahaan di ranah digital? Sejauh mana pemanfaatan teknologi tersebut dalam aktivitas marketing?
Great Eastern Life Indonesia menjadikan teknologi digital sebagai inovasi untuk menjawab kebutuhan masyarakat, mulai dari proses pendekatan calon nasabah, proses penjualan produk asuransi, onboarding nasabah, pengelolaan dan proses operasional harian, pelayanan nasabah hingga analisis data. Semua proses digitalisasi tersebut dilakukan dengan landasan “pengalaman nasabah yang menyenangkan”. Secara berkala dan berkelanjutan semua proses diuji, divalidasi, dan diperbaiki sesuai dengan masukan dari nasabah.
Sejauh ini berapa besar pangsa pasar yang dimiliki?
Pada dasarnya kami menyasar seluruh lapisan masyarakat. Dalam upaya ini, kami sesuaikan dengan jalur distribusi dan mitra yang kami miliki. Ada beberapa produk yang utamanya ditujukan ke kalangan menengah atas dan ada pula produk-produk lain yang khusus dirancang untuk khalayak lebih luas.
Apa harapan Anda selaku pimpinan?
Kami berharap dapat memenuhi kebutuhan nasabah dan masyarakat Indonesia akan kebutuhan perlindungan asuransi. Berbagai inovasi dan transformasi mulai dari produk maupun layanan telah kami lakukan dan akan terus kami lakukan untuk menjawab kebutuhan perlindungan masyarakat Indonesia.
Apa saran Anda kepada publik/calon nasabah?
Great Eastern Life Indonesia sebagai perusahaan asuransi yang berorientasi pada kebutuhan nasabah memberikan beberapa saran tentang bagaimana memilih perlindungan yang tepat.
1. Ketahui kebutuhan perlindungan Anda
Anda harus mengetahui kebutuhan perlindungan apa yang Anda harus miliki dan butuhkan, apakah perlindungan kesehatan, perlindungan jiwa, investasi atau sebagainya. Great Eastern Life Indonesia memiliki berbagai produk dan tenaga pemasar yang handal dan siap untuk membantu Anda memilih perlindungan yang tepat
2. Pelajari Polis dan Perlindungan/Manfaat Asuransi yang Anda miliki
Setelah Anda memutuskan perlindungan asuransi yang Anda pilih, segera pelajari Polis yang dikirim kepada Anda untuk memastikan bahwa seluruh data yang tercantum pada buku Polis, mulai dari data Anda sebagai Pemegang Polis, data Penerima Manfat, serta seluruh Manfaat Asuransi yang Anda pilih telah sesuai tercantum dengan benar di dalam buku Polis. Manfaatkan waktu freelook untuk mempelajarin keseluruhan isi dari buku Polis Anda.
3. Pastikan Anda memahami cara mengajukan klaim dan dokumen yang dibutuhkan
Jangan lupa memastikan untuk memahami cara pengajuan klaim kepada perusahaan asuransi beserta dokumen-dokumen yang dibutuhkan agar ketika terjadi risiko, pengajuan klaim dapat diproses dengan cepat dan lancar. Kami mengerti bahwa klaim merupakan hal yang sangat penting bagi nasabah.