Minggu, November 3, 2024
spot_img

Simak!! Pentingnya Digital Public Relations di era Digital

InfoEkonomi.ID – Di era digital Public Relations mengalami revolusi menjadi digital Public Relations. Jika dahulu tugas public relations dalam meningkatkan brand awareness yakni hanya dengan membangun relasi dengan media. Kini, PR telah merambah ke dunia digital yakni dengan memanfaatkan berbagai media digital untuk menyebarkan konten promosi produk.

Dari penjelasan tersebut, lantas apa itu digital public relations. Melansir dari Circa Interactive, digital PR adalah gabungan dari strategi PR tradisional dan juga elemen-elemen SEO, seperti content marketing dan media sosial.

- Advertisement -

Sederhananya, digital public relations adalah gabungan strategi PR konvensional dengan ranah digital seperti content marketing, social media, dan search optimization yang bertujuan untuk meningkatkan brand awareness. PR digital dan PR konvensional memiliki perbedaan yang mendasar yakni dalam ranah yang digunakan. PR konvensional menggunakan media relations untuk menyebarluaskan konten, sementara Digital PR menggunakan internet dan media digital lainnya untuk menyebarluaskan konten.

Praktik public relations memang sudah dilakukan sejak lama, terutama PR konvensional sendiri. Namun, PR konvensional diangggap kurang efektif dan aksesibel terlebih bagi bisnis yang baru merintis atau startup. Seiring berkembangnya teknologi, munculah strategi digital public relations.

- Advertisement -

Kehadiran strategi digital public relations ini membawa warna baru bagi dunia public relations dalam penyebaran informasinya. Perannya yang begitu penting, membuat digital public relations dianggap menjadi masa depan public relations. PR digital dapat dilakukan tidak hanya bagi perusahaan besar, melainkan juga bisa dilakukan siapapun.

PR digital merupakan taktik promosi yang digunakan oleh public relations untuk meningkatkan brand awareness. Strategi digital ini dapat mendorong kesadaran merek, konversi ke situs web, dan tautan / link yang dapat meningkatkan prospek dan penjualan.

Lantas apa pentingnya Digital PR? Dilansir dari archeredu.com, ada empat tujuan utama dari strategi PR digital diantaranya.

1. Memperluas Kesadaran Produk (Brand Awareness)

- Advertisement -

Salah satu manfaat penting dari PR digital adalah kesadaran merek (brand awareness). Pengetahuan seseorang akan suatu brand atau produk berpengaruh pada keputusan pembelian mereka. Semakin mereka mengenal suatu produk, maka tingkat kredibilitas brand tersebut semakin tinggi dan berkemungkinan besar dalam meningkatkan penjualan.

2. Memungkinkan Promosi Produk Melalui Public Figure

Untuk membangun kepercayaan publik akan suatu produk, memposting konten di media sosial tidaklah cukup. Dengan menerapkan strategi digital, PR dapat terhubung dengan beberapa artis, content creator, influencer maupun orang-orang yang sekiranya berpengaruh dalam keputusan pembelian konsumen.

Dalam penerapan strateginya, PR dapat bekerjasama dengan influencer untuk mempromosikan suatu produk. Namun, PR juga memberikan kesempatan bagi para influencer untuk mencoba produk mereka secara sukarela. Testimoni influencer dan content creator sangatlah berguna untuk memberikan pengetahuan produk bagi customer.

3. Mendatangkan Trafik Organik

Manfaat selanjutnya dari PR digital adalah mendatangkan traffic organik. Traffic organik didapatkan dari pencarian melalui Google di beberapa media online seperti website. Pelanggan maupun calon pelanggan dapat mencari nama brand produk perusahaan melalui situs Google.

Tugas PR yakni merilis konten-konten berupa artikel yang berkaitan dengan produk dan mengoptimasi SEO pada setiap artikel. SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik atau upaya untuk mengoptimasi website agar mendapat ranking teratas di hasil pencarian Google.

4. Membangun High-Quality Backlink

Manfaat terakhir dari digital PR yang masih berkaitan dengan mendatangkan lalu lintas organik yakni membangun high-quality backlink pada target domain. Backlink adalah salah satu faktor penting dalam SEO. Pada dasarnya backlink adalah tautan pada sebuah halaman web yang mengarah ke situs lain.

Google menganggap backlink sebagai salah satu cara memverifikasi otoritas dan relevansi dari situs web. Backlink juga bisa dikatakan sebagai tanda kepercayaan situs lain atas situs perusahaan. Menggunakan backlink pada situs web, akan membantu website untuk mudah ditemukan audiens.

Ketika konten pada website yang dibuat PR secara konsisten dilihat dan diklik oleh audiens, maka memiliki kemungkinan besar untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di mesin pencari. Hal ini karena Google melihat profil backlink dan berapa kali orang mengklik tautan Anda.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Ikuti Kami

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

Terbaru

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img