Bank Mandiri terus memperkuat eksistensinya di industri perbankan Indonesia dengan meraih berbagai penghargaan bergengsi di tingkat global. Prestasi ini menjadi bukti nyata komitmen Bank Mandiri dalam mengembangkan transformasi digital guna menghadirkan solusi finansial terbaik bagi nasabah.
Dalam ajang 25th Best Trade Provider yang diselenggarakan oleh Global Finance, Bank Mandiri berhasil meraih penghargaan Best Trade Finance Provider in Indonesia. Penghargaan ini semakin mengukuhkan posisi Bank Mandiri sebagai pemimpin dalam layanan trade finance di Tanah Air.
Selain itu, Bank Mandiri juga mendapatkan apresiasi dalam ajang The Asset Triple A – Digital Awards, dengan meraih dua penghargaan sekaligus, yaitu Digital Bank of the Year dan Best Corporate Payment Project. Keberhasilan ini mencerminkan komitmen Bank Mandiri dalam menghadirkan inovasi digital yang unggul untuk nasabah korporasi.
Baca Juga: Bank Mandiri Salurkan 57.600 Paket Ramadan untuk Anak Yatim dan Lansia
Inovasi Digital yang Mendukung Pertumbuhan Ekonomi
Direktur Information Technology Bank Mandiri, Timothy Utama, mengungkapkan bahwa penghargaan ini merupakan wujud nyata dari komitmen perusahaan dalam menyediakan solusi digital inovatif dan efisien, khususnya dalam sektor trade finance dan transaksi digital. Pencapaian ini juga mencerminkan peran Bank Mandiri dalam memperluas ekosistem bisnis serta mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.
“Dorongan kuat terhadap transformasi digital di berbagai sektor telah meningkatkan kebutuhan nasabah akan layanan keuangan digital yang terintegrasi. Melalui Kopra by Mandiri, nasabah trade finance dapat dengan mudah mengelola informasi transaksi dan laporan secara terpadu dalam satu platform,” ujar Timothy dalam keterangannya pada Senin (24/3).
Nasabah korporasi dapat memanfaatkan Kopra by Mandiri untuk berbagai layanan Trade Finance, seperti penerbitan dan penerimaan Letter of Credit (L/C), Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN), Standby Letter of Credit (SBLC), serta bank garansi, termasuk verifikasi keaslian dokumen melalui QR Code. Selain itu, pengguna Kopra by Mandiri juga dapat mengakses pembiayaan transaksi perdagangan secara digital, menjadikan proses transaksi lebih cepat, efisien, dan aman.
“Kami terus meningkatkan layanan dengan menerapkan strategi beyond lending guna memberikan kenyamanan dalam bertransaksi bagi nasabah wholesale. Transformasi digital ini memungkinkan kami menghadirkan solusi terbaik guna mendukung pertumbuhan bisnis nasabah,” tambah Timothy.
Kinerja Kopra by Mandiri dan SuperApps Livin’ by Mandiri
Hasil dari inovasi ini sangat positif, di mana Kopra by Mandiri telah mengelola transaksi senilai Rp 22.700 triliun, dengan volume transaksi tumbuh 17% YoY, serta frekuensi transaksi mencapai 1,3 miliar kali atau meningkat 21% YoY. Platform ini terus dikembangkan dengan fitur yang semakin terintegrasi guna melayani lebih banyak segmen korporasi dan bisnis.
Tak hanya untuk nasabah wholesale, Bank Mandiri juga memperkuat layanan perbankan bagi segmen retail melalui SuperApps Livin’ by Mandiri. Aplikasi ini menghadirkan berbagai fitur inovatif seperti Livin’ Auto, Livin’ Investasi, dan Livin’ Loyalty guna memberikan pengalaman transaksi yang lebih mudah dan nyaman bagi pengguna.
Hingga akhir tahun 2024, jumlah pengguna Livin’ by Mandiri telah mencapai 29,3 juta, dengan frekuensi transaksi mencapai 3,9 miliar kali, meningkat 38% secara tahunan. Transaksi ini juga berkontribusi terhadap pertumbuhan fee-based income sebesar 6,20% YoY, mencapai Rp 2,62 triliun.
“Penghargaan ini adalah hasil kerja keras dan sinergi seluruh tim Bank Mandiri serta kepercayaan yang diberikan oleh para nasabah. Kami akan terus berinovasi dan menghadirkan layanan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan nasabah,” pungkas Timothy.
Cek Berita dan Artikel Lainnya di Google News