Direktur Teknologi Informasi PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Timothy Utama, menegaskan bahwa kehadiran QRIS Tap bukan untuk menggantikan metode QRIS yang sudah ada, melainkan sebagai pelengkap guna memenuhi kebutuhan transaksi yang lebih cepat dan efisien.
“Khususnya di sektor transportasi, fitur ini memberikan kemudahan bagi pengguna dengan proses pembayaran yang lebih praktis dan minim hambatan, sehingga mendukung pengalaman transaksi yang lebih seamless,” ujar Timothy dalam pernyataan resminya di Jakarta, Jumat.
Ia juga menambahkan bahwa implementasi QRIS Tap berbasis teknologi Near Field Communication (NFC) merupakan langkah strategis dalam mempercepat transformasi digital di sektor keuangan serta mendorong pertumbuhan ekonomi. Hal ini sejalan dengan visi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2030.
Baca Juga: Bank Mandiri dan Perbasi Resmi Bermitra untuk Meningkatkan Prestasi Bola Basket Indonesia
“Kami terus berinovasi dalam menghadirkan solusi pembayaran yang seamless dan efisien, terutama bagi sektor dengan kebutuhan transaksi tinggi seperti transportasi dan ritel. QRIS Tap tidak hanya meningkatkan pengalaman pengguna tetapi juga mendukung akselerasi ekonomi digital di Indonesia,” tambah Timothy.
Pada hari yang sama, Bank Indonesia (BI) secara resmi meluncurkan QRIS Tap untuk memudahkan masyarakat dalam bertransaksi lebih cepat dan praktis tanpa perlu memindai QR Code secara manual.
Sebanyak 15 penyedia jasa pembayaran (PJP), baik dari sektor perbankan maupun lembaga keuangan nonbank, telah menyediakan fitur QRIS Tap pada tahap awal implementasi. Salah satu di antaranya adalah Bank Mandiri melalui aplikasi Livin’ by Mandiri.
Keunggulan QRIS Tap Livin’ by Mandiri
Fitur QRIS Tap pada aplikasi Livin’ by Mandiri saat ini tersedia untuk perangkat Android yang memiliki fitur NFC dan akan terus dikembangkan agar lebih kompatibel dengan berbagai perangkat.
QRIS Tap dapat digunakan untuk perjalanan MRT dari Stasiun Bundaran HI ke Stasiun Lebak Bulus, serta sebaliknya. Ke depan, penerapan QRIS Tap akan diperluas ke seluruh jaringan MRT, TransJakarta, LRT, dan berbagai moda transportasi lainnya.
Selain sektor transportasi, fitur QRIS Tap juga diharapkan dapat diadopsi oleh lebih banyak merchant yang menggunakan mesin EDC, termasuk UMKM, ritel, restoran cepat saji, dan berbagai layanan lainnya.
Dengan semakin luasnya implementasi teknologi ini, Bank Mandiri menegaskan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan transaksi digital yang lebih inklusif serta memberdayakan pelaku usaha di berbagai sektor.
Cara Menggunakan QRIS Tap di Livin’ by Mandiri
Untuk memanfaatkan fitur QRIS Tap, nasabah harus memastikan bahwa smartphone mereka memiliki fitur NFC yang aktif.
- Buka aplikasi Livin’ by Mandiri.
- Masuk ke menu QR Bayar dan klik Tampilkan QR.
- Masukkan PIN untuk verifikasi.
- Dekatkan ponsel ke terminal atau mesin pembayaran yang mendukung QRIS Tap NFC.
Infrastruktur Digital Bank Mandiri
Bank Mandiri telah membangun infrastruktur yang kuat untuk mendukung ekosistem pembayaran digital. Saat ini, terdapat ratusan ribu mesin EDC Bank Mandiri di berbagai merchant favorit yang akan menjadi bagian dari implementasi QRIS Tap.
Sebagai bentuk apresiasi kepada pengguna, Bank Mandiri menawarkan promo spesial berupa cashback 50 persen untuk perjalanan MRT Jakarta dari Stasiun Bundaran HI ke Stasiun Lebak Bulus dan sebaliknya. Promo ini berlaku mulai 14 Maret 2025 hingga 13 April 2025 bagi pengguna yang melakukan transaksi menggunakan QRIS Tap Livin’.
Hingga Februari 2025, pengguna aplikasi Livin’ by Mandiri telah mencapai lebih dari 30 juta pengguna. Dari jumlah tersebut, total nilai transaksi yang dilakukan melalui aplikasi ini telah menembus Rp678 triliun.
Cek Berita dan Artikel Lainnya di Google News