Rabu, April 24, 2024
spot_img

BERITA UNGGULAN

Tingkatkan Produksi Lokal, Askrindo Lakukan Pemberdayaan Kopi Arabika Kintamani

- Advertisement -

InfoEkonomi.ID – Pulau Bali atau Pulau Dewata terkenal dengan keindahan alam dan struktur geografisnya yang menjadi destinasi wisata dunia. Selain keindahan alamnya, Pulau Dewata juga terkenal sebagai penghasil biji kopi arabika terbaik. Di daerah dekat Gunung Batur tepatnya di Kecamatan Kintamani, terdapat perkebunan kopi lokal yang menggunakan proses penanaman secara tradisional.

Kopi Arabika yang berasal dari Pulau Dewata ini memiliki cita rasa serta aroma yang cenderung citrusy yang segar ditambah hint chocolaty, karamel atau brown sugar. Kopi Kintamani ini juga tidak memiliki cita rasa atau aroma spicy atau rempah-rempah khas jenis kopi di Indonesia lainnya. Hal ini berkat proses penanamannya yang unik. Sedangkan untuk body-nya cenderung medium dan tidak terlalu terasa pahit dengan rasa asam seperti jeruk. Hal inilah yang membuat Kopi Kintamani disukai. Selain itu kopi yang sudah menjadi komoditi ekspor ini juga memiliki kadar kafein yang tidak terlalu tinggi.

- Advertisement -

Kopi Kintamani ditanam di ketinggian 900-1000 mdpl di dekat Gunung Batur. Ketua kelompok petani Kopi Arabika Langit Bali, Bp. Wayan Sukadana Yasa mengatakan “Cita rasa serta aroma dari Kopi Kintamani ini cenderung terasa citrusy, ini dikarenakan proses penanamannya yang unik dan tidak biasa,” jelas wayan.

Perkebunan Kopi Kintamani ini biasanya juga menjadi lahan perkebunan jeruk atau sayuran lainnya. Berkat inilah aroma kopinya terasa seperti buah jeruk. Tentunya aroma dan cita rasa citrusy ini berasal dari cara penanaman tradisional tanpa proses chemical.

- Advertisement -

Sesuai dengan filosofi “Tri Hita Karana” yang masih dilestarikan hingga kini, semua proses penanaman hingga panen dilakukan secara alami dan tradisional. “Tri Hita Karana” sendiri jika diterjemahkan menjadi tiga penyebab kebahagian.

Salah satunya adalah filosofi untuk menjaga keseimbangan alam. Perkebunan Kopi Kintamani menjaga keseimbangan alam dengan juga menggunakan sistem irigasi subak, pupuk organik, dan tanpa pestisida. Selain itu penanaman pohonnya ditanam beriringan dengan pohon jeruk atau sayuran.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Info Hari Ini

HOT NEWS

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img