Rabu, April 24, 2024
spot_img

BERITA UNGGULAN

Simak 5 Perbedaan KIS dana BPJS Kesehatan yang Wajib Kamu Tahu!

- Advertisement -

InfoEkonomi.ID – BPJS Kesehatan dan KIS sama-sama asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan maksimal kepada seluruh rakyat Indonesia yang dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia, yang bertujuan menjamin kesehatan seluruh masyarakat di Tanah Air.

Namun, BPJS kesehatan dan KIS memiliki berbagai perbedaan dari sisi kriteria peserta, jumlah iuran, hingga fasilitas.

- Advertisement -

Secara mendasar, perbedaan KIS dan BPJS ini bisa dilihat dari biaya iuran yang dikeluarkan. Secara jelas perbedaan KIS dan BPJS bahwa Kartu Indonesia Sehat atau KIS merupakan sebuah layanan jaminan kesehatan yang dikhususkan untuk masyarakat yang kurang mampu dan tidak sama sekali dipungut iuran per bulannya.

Kebijakan tersebut dipilih agar pemerintah dapat memberikan pelayanan kesehatan yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja oleh masyarakat kurang mampu.

- Advertisement -

Sedangkan, para peserta BPJS Kesehatan diwajibkan untuk membayar iuran setiap bulannya demi mendapatkan layanan kesehatan yang dibutuhkan.

Pengertian KIS dan BPJS
Kartu Indonesia Sehat atau KIS merupakan program jaminan kesehatan yang dikeluarkan berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004. Dengan mengikuti program KIS, masyarakat bisa memperoleh pelayanan maksimal di fasilitas kesehatan. Selain itu, KIS juga menjadi penanda kepesertaan jaminan kesehatan nasional (JKN).

Masyarakat yang memiliki tanda kepesertaan JKN bisa mendapatkan pelayanan kesehatan komprehensif melalui mekanisme sistem rujukan berjenjang. Pelayanan tersebut didasarkan pada indikasi medis dari fasilitas kesehatan yang disarankan.

Lalu, apa itu BPJS kesehatan?

- Advertisement -

BPJS merupakan akronim dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Jadi, BPJS adalah badan hukum publik yang bertanggung jawab kepada presiden untuk menyelenggarakan jaminan sosial untuk seluruh rakyat Indonesia. Sementara itu, BPJS kesehatan bertugas mengadakan jaminan sosial di bidang kesehatan.

Dahulu, BPJS kesehatan digabungkan dengan ketenagakerjaan dengan nama Jamsostek (jaminan sosial tenaga kerja). Kini Jamsostek telah disatukan program dalam JKN yang diresmikan pada 31 Desember 2013. Secara terpisah, BPJS kesehatan mulai dioperasikan pada tanggal 1 Januari 2014.

Perbedaan KIS dan BPJS Kesehatan
Dengan tawaran premi terjangkau, peminat BPJS kesehatan maupun KIS makin banyak. Namun, sebelum Anda menentukan proteksi yang tepat, pahami dahulu lima perbedaan KIS dan BPJS berikut ini:

1. Kriteria Peserta
Dari sisi kriteria peserta, KIS memprioritaskan masyarakat penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS). Artinya, hanya individu atau keluarga tidak mampu yang boleh memiliki kepesertaan KIS.

Sebaliknya, kepesertaan BPJS bisa dimiliki oleh berbagai kalangan dengan tujuan memberikan akses kesehatan yang merata bagi seluruh rakyat Indonesia. Pendaftaran sebagai peserta BPJS pun dapat dilakukan secara kolektif oleh perusahaan maupun instansi pemerintah.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Info Hari Ini

HOT NEWS

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img