Jumat, April 12, 2024
spot_img

BERITA UNGGULAN

Wamendag: Ekonomi Digital Beri Nilai Positif Bagi Perekonomian Nasional

- Advertisement -

pin up casino

InfoEkonomi.ID – Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga kembali menegaskan, di tengah aktivitas perekonomian nasional yang saat ini terus meningkat, ada peran ekonomi digital di dalamnya. Ekonomi digital terus memberi nilai positif bagi perekonomian nasional dan memberi manfaat yang tidak sedikit bagimasyarakat.

- Advertisement -

Hal ini disampaikan Wamendag Jerry dalam 4thIndonesia Fintech Summit 2022yang diselenggarakan di Kuta, Bali, hari ini, Kamis (11/10). Turut hadir dalam acara ini Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar.

“Dampak positif ekonomi digital salah satunya dapat dilihat dari nilai perdagangan aset digitalyang terus meningkat. Nilai transaksi aset kripto pada 2021 tercatat sebesar Rp859,4triliun atau tumbuh lebih dari 1.200 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan, untuk tahun ini,hingga September 2022tecatat sebesar Rp266,9 triliun,” jelas Wamendag.

- Advertisement -

Di sisi lain, lanjut Wamendag, jumlah pelanggan aset kripto terdaftar di Indonesia sampai dengan September 2022 tercatat sebesar 16,3 juta pelanggandengan rata-rata kenaikan jumlah pelanggan terdaftar sebesar 725 ribu pelanggan per bulan.

“Hal ini menunjukkan bahwa minat masyarakat untuk berinvestasi di perdagangan aset kripto terus meningkat dan luar biasa besar. Bahkan, pelaku di bidang ini 90 persen di antaranya adalah generasi muda berumur 17—35 tahun,” terang Wamendag.

Sedangkan terkait pajak, menurut Wamendag, aset kripto sebagai komoditas yang diperdagangkan merupakan Barang Kena Pajak Tidak Berwujud.

“Hingga September 2022, Kementerian Keuangan telah mengumpulkan pajak atas perdagangan fisik aset kripto sebesar Rp159,1 miliar,“ terangnya.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Info Hari Ini

HOT NEWS

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img