InfoEkonomi.ID – Di tengah dampak krisis ekonomi global dan tekanan inflasi yang meningkat akibat pandemi, Bhinneka Life terus berusaha menjaga kinerja bisnis perusahaan serta kualitas layanan yang prima bagi seluruh nasabah dan tenaga pemasar. Hal tersebut tercermin pada Laporan Keuangan Audited 2021 di mana perusahaan membukukan kinerja yang positif pada 2021. Tak hanya itu, Bhinneka Life juga mencatatkan  pertumbuhan polis baru dan premi YTD Sep 2022 dibandingkan 2021 sebesar Rp416,7 miliar atau bertumbuh sebesar 26 persen.
Bagaimana prestasi kinerja Bhinneka Life terkini? Berikut wawancara InfoEkonomi.ID bersama Director of Finance PT Bhinneka Life Indonesia, Dyah Mardiasih.
Seperti apa visi dan misi perusahaan dalam membangun corporate brand-nya?
Corporate branding menjadi salah satu komponen penting dalam meningkatkan value perusahaan. Image perusahaan yang baik tentunya akan membawa dampak positif kepada perusahaan misalnya peningkatan penjualan secara tidak langsung. Oleh karena itu Bhinneka Life berkomitmen untuk terus meningkatkan corporate brand perusahaan serta menjaga citra positif perusahaan melalui berbagai aktivitas branding dan corporate campaign diberbagai platform baik online maupun offline. Salah satu corporate campaign yang Bhinneka Life lakukan yaitu melalui program yang bertemakan Pahlawan Kebaikan dan program Customer Reward yang diperuntukkan untuk nasabah produk-produk tradisional, yang telah dilakukan sejak tahun 2021 dan masih terus berlanjut hingga saat ini.
Bagaimana Anda melihat kompetisitas usaha saat ini?
Persaingan di industri asuransi jiwa saat ini terbilang cukup tinggi dengan banyaknya perusahaan asuransi yang bergerak dalam pasar atau lini bisnis yang sama. Namun peluang masih sangat terbuka lebar, mengingat masih rendahnya tingkat penetrasi asuransi jiwa di Indonesia. Ditambah lagi tingginya risiko kesehatan dan jiwa yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 telah meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya memiliki produk asuransi.
Berapa jumlah cabang saat ini? Ada di mana saja?
Bhinneka Life memiliki 10 Kantor Pemasaran Regional dan sejumlah 108 kantor pemasaran yang tersebar di seluruh Indonesia.
Apa yang menjadi keunggulan yang menjadi magnet bagi publik?
Bhinneka Life merupakan perusahaan asuransi jiwa nasional yang sepenuhnya dimiliki dan dikelola oleh anak bangsa. Dengan didukung oleh ragam produk asuransi jiwa yang lengkap dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat, Bhinneka Life juga diperkuat dengan dukungan lebih dari 15 ribu agen pemasar profesional yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia yang siap melayani dengan sepenuh hati seluruh kebutuhan asuransi jiwa masyarakat Indonesia. Salah produk unggulan Bhinneka Life yaitu BA Protection yang merupakan produk asuransi jiwa gabungan antara unsur santunan meninggal dan tabungan dengan masa asuransi sampai dengan 100 tahun,
Bagaimana pula dengan kebijakan untuk menarik nasabah? Faktor apa saja yang menjadi penentunya?
Bhinneka Life tetap berfokus pada penguatan keagenan sebagai kanal distribusi utama, dengan menyediakan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Bhinneka Life juga terus menjaga kualitas layanan, berinovasi dan meningkatkan pengembangan infrastruktur untuk mendukung operasional dan layanan Bhinneka Life. Pada tahun ini perusahaan juga menghadirkan kembali Program Customer Reward Pahlawan Kebaikan Keluarga. Untuk setiap pembelian produk regular, nasabah mendapatkan kesempatan untuk mengikuti undian doorprize tiap bulannya sepanjang tahun ini.
Kendala krusial apa yang paling menjadi penghambat bagi perusahaan untuk mempertahankan prestasi yang telah diraih?
Profil agen dan target market Bhinneka Life adalah segmen menengah bawah (middle low), yang mana segmen ini yang paling berdampak di masa pandemi Covid-19 mengingat pada segmen middle low belum adanya kesiapan atau back up financial planning yang cukup kuat bagi jangka pendek maupun jangka panjang. Disamping itu masih belum meleknya teknologi dikalangan segmen masyarakat kelas menengah bawah juga menjadi tantangan tersendiri terhadap layanan digital yang saat ini menjadi fokus Bhinneka Life untuk mehadirkan inovasi-inovasi terbaru dalam hal digitalisasi.
Lantas bagaimana cara perusahaan dalam menangani kendala tersebut?
Berbagai strategi dan program perusahaan terus dihadirkan, diantaranya program booster untuk agen pemasar yang terus diperbanyak dan dilakukan secara berkala seperti program kontes, bonus tambahan melalui program Agent Get Agent, pemberian tambahan Uang Pertanggungan (UP) atas resiko kematian akibat Covid-19 (untuk periode tertentu) hingga program tambahan benefit atau gimmick untuk nasabah yang mengikuti loyalty program Customer Reward. Disamping itu perusahaan juga terus mendukung agen pemasar dalam membuka pasar baru melalui kegiatan Literasi & Inklusi di berbagai daerah, serta memberikan sponsor terhadap kegiatan Customer Gathering dan Grand BOP (Business Opportunity Program)
Inovasi apa saja yang telah dilakukan? Seberapa banyak perusahaan telah melakukan inovasi setahun terakhir ini?
Sejak Bhinneka Life berdiri pada 22 Oktober 2016 lalu telah banyak inovasi-inovasi yang dilakukan oleh perusahaan hingga Bhinneka Life dinobatkan sebagai Perusahaan Asuransi Inovatif dalam Pengembangan Produk dan Layanan Kategori Asuransi Jiwa di ajang Indonesia Most Innovative Business Award 2019 dan The Most Innovative Company for The Development of Secure and Convenient Digital Platforms category Life Insurance di ajang Indonesia Digital Innovation Awards (IDIA) 2021.
Dan saat ini Bhinneka Life sedang fokus dalam pengembangan fitur layanan terbaru di dalam aplikasi digital B-FLASH yang merupakan salah satu aplikasi digital milik Bhinneka Life yang diperuntukkan bagi agen pemasar, di mana pengembangan aplikasi B-FLASH akan memberikan kemudahan bagi agen pemasar khususnya dalam proses rekrutmen agen baru. Sehingga segala proses rekrutmen akan menjadi lebih cepat dan praktis melalui proses digital.
Bagaimana perusahaan membangun client engagement/loyalty? Â
Kepuasan nasabah menjadi prioritas utama kami, oleh karena itu Bhinneka Life berkomitmen untuk terus menghadirkan layanan dan program-program terbaru kepada nasabah baik berupa program promo produk maupun loyalty program untuk nasabah
Apa saja bentuk kegiatan engagement-nya?
Pada tahun ini perusahaan menghadirkan kembali Program Customer Reward Pahlawan Kebaikan Keluarga. Untuk setiap pembelian produk regular, nasabah berhak mendapatkan kesempatan untuk mengikuti undian hadiah bulanan yang diundi setiap bulan selama masa periode program dan undian doorprize diakhir periode program. Bhinneka Life juga memberikan tambahan gimmick seperti voucher belanja kepada nasabah yang melakukan roll over, top up dan cross selling.
Sejauh mana perusahaan memanfaatkan teknologi digital dalam aktivitas marketing?
Dalam era digital saat ini tentu sangat penting mengoptimalkan penggunaan teknologi digital untuk mengimplementasikan strategi marketing perusahaan agar lebih optimal. Saat ini kami masih terus mengoptimalkan penggunaan social media Bhinneka Life sebagai media utama yang digunakan untuk melakukan aktivitas marketing dan komunikasi perusahaan kepada para stakeholder. Di samping itu pemanfaatan teknologi digital juga digunakan untuk memaksimalkan pelayanan kepada nasabah dana agen pemasar.
Seperti apa bentuk kegiatan perusahaan di ranah digital?
Bhinneka Life terus berupaya mengoptimalisasi infrastruktur layanan berbasis digital untuk menjawab kebutuhan nasabah dan agen pemasar, seperti lewat peluncuran fitur layanan e-submission yang bernama B-FLASH untuk memudahkan proses pengajuan asuransi melalui layanan digital. B-FLASH merupakan implementasi dari grand design BDIG (Bhinneka Life Digital) yang dimiliki oleh Bhinneka Life.
Sejauh ini bagaimana kinerja pemasarannya? Lantas berapa besar pangsa pasar yang dimiliki?
Kinerja pemasaran pada YTD Sep 2022 ini menunjukkan peningkatan dibandingkan tahun lalu, yang tercermin dari pertumbuhan premi, jumlah polis dan jumlah agen baru. Perusahaan juga baru saja menyelesaikan rangkaian acara roadshow Final Sprint 2022 yang diselenggarakan di 10 kota yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Lampung, Denpasar, Pekanbaru dan Padang. Event ini merupakan salah satu inisiatif program perusahaan untuk agen pemasar Bhinneka Life, yang mana bertujuan untuk memberikan update terbaru program-program perusahaan seperti program aktivasi agen, layanan terbaru, insentif, kontes trip gratis ke luar negeri hingga booster spirit di akhir kuartal tahun ini guna mendukung seluruh agen pemasar.
Apa harapan Anda selaku pimpinan?
Harapan saya sebagai pimpinan adalah perusahaan tetap memiliki pertumbuhan yang sustainable di beberapa tahun kedepan sebagai hasil dari upaya dan kerja keras dari seluruh insan Bhinneka Life. Selain itu, diharapkan agar perusahaan dapat melayani nasabah dengan optimal dan memberi perlindungan dalam berbagai sektor seperti perlindungan terhadap jiwa, kesehatan dan pendidikan. The last but not least, harapan saya agar perusahaan menjadi asuransi jiwa yang menjadi kebanggaan Indonesia sebagai visi utama perusahaan.
Apa saran Anda kepada publik/calon nasabah?
Pengalaman masa pandemi menjadi guru yang paling handal untuk setiap orang belajar dan memiliki kesempatan kedua menyusun ulang pengaturan perencanaan keuangan dengan alokasi asuransi sebagai Top Priority dalam susunan struktur biaya pengeluaran keluarga. Karena terbukti tidak ada satupun manusia yang bisa menghindari krisis global seperti pandemi, yang terjadi secara tiba-tiba dan menghantam seluruh dunia kepada semua kalangan masyarakat dari paling bawah sampai paling atas tanpa terkecuali. Hanya orang-orang yang memiliki asuransi saja yang jauh lebih siap dan tegar menghadapi kenyataan yang terjadi. Untuk itu kami menghimbau kepada seluruh kalangan masyarakat belajarlah dari kejadian-kejadian di sekitar kita di masa pandemi, dan segeralah miliki asuransi jiwa yang dapat diambil sesuai kemampuan masing-masing.