InfoEkonomi.ID – Kepedulian generasi muda dalam mengatasi persoalan perubahan iklim, salah satunya melalui ekonomi sirkular sangat menentukan masa depan bumi. Untuk itu, CPROCOM mengajak generasi muda mengikuti kegiatan Aku Iklim (Aksi Komunikasi untuk Perubahan Iklim) bertema “Kampanye Perubahan Iklim Melalui Inovasi Ekonomi Sirkular” pada Minggu, (13/11).
Kegiatan ini menghadirkan tiga Tamu Bumi (narasumber), yaitu Dr. Emilia Bassar (CEO Center for Public Relations, Outreach and Communications), Dr. Indra Ardiyanto (Head of Public Affairs Great Giant Foods) dan Arif Mujahidin (Corporate Communication Director Danone Indonesia).
Kampanye inovasi ekonomi sirkular perlu dijalankan guna mengajak sekaligus mengedukasi masyarakat terkait pentingnya menggunakan produk kembali, berulang dan/atau di daur ulang guna mengurangi limbah dari hasil produksi (zero waste).
Adanya urgensi init, Emilia Bassar mengajak setiap orang untuk sadar akan perubahan iklim. Untuk itu dirinya mengajak anak muda dab setiap orang untuk sadar akan perubahan iklim.
“Kami juga mengajak anak muda untuk melakukan kampanye kreatif tentang penerapan ekonomi sirkular guna mengurangi dampak perubahan iklim. Kita harus menjaga dan melindungi bumi dari kerusakan yang semakin parah,” ujar CEO CPROCOM ini.
Sementara Indra Ardiyanto menambahkan, praktik ekonomi sirkular di perusahaan dapat dilihat seperti yang telah dilakukan oleh Great Giant Foods (GGF), yaitu perusahaan hortikultura yang bergerak di perkebunan dan peternakan. “Semua limbah hasil produk perkebunan dan peternakan dikelola sedemikian rupa sehingga dapat digunakan untuk kegiatan lain atau disebut zero waste,” jelas Indra.
Pada acara Aku Iklim yang dihadiri puluhan anak muda itu, tidak hanya berbagi pengetahuan, wawasan dan keterampilan baru tentang komunikasi perubahan iklim dan ekonomi sirkular saja, peserta juga diajak untuk melakukan berbagai aktivitas seru lainnya seperti games dan team building.