Senin, Mei 27, 2024
spot_img

BERITA UNGGULAN

Bendungan Terpanjang di Asia Tenggara Buatan Brantas Abipraya, Raih MURI

InfoEkonomi.ID – Bendungan selama ini menjadi salah satu jenis infrastruktur yang memegang peran besar bagi lingkungan. Memiliki peran penting mulai dari pencegah atau pengendali banjir, sarana pengairan atau irigasi persawahan di lingkungan sekitar, hingga sarana pendukung untuk infrastruktur pembangkit listrik layaknya PLTA. Memperkuat ketahanan air dan pangan nasional, PT Brantas Abipraya (Persero) saat ini sedang menuntaskan pembangunan Bendungan Semantok yang masuk sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) dan ditargetkan rampung pada akhir tahun ini.

Bendungan Semantok yang berlokasi di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur inipun memperoleh piagam penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) atas rekor Pelaksana Pembangunan Bendungan Terpanjang, yaitu 3.100 meter, bendungan ini nantinya bakal menjadi bendungan terpanjang se-Asia Tenggara.

- Advertisement -

“Bendungan ini dibuat sebagai penyedia air baku dan telah dilakukan pengisian awal (impounding) pada Juni tahun ini. Selain sebagai penyedia air baku sebesar 312 liter per detik, bendungan dengan volume tampung 32,67 juta meter kubik ini dapat memasok air untuk irigasi sawah seluas 1.900 hektar,” ujar Miftakhul Anas selaku Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya.

Dipertegas Anas, bicara mengenai klaim bendungan terpanjang, perhitungan tersebut sebenarnya diukur berdasarkan panjang lintasan mercu bendungan, yakni bagian teratas dari tubuh bendung tempat di mana aliran dari hulu dapat mengalir atau melimpah ke hilir.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Info Hari Ini

HOT NEWS

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img