InfoEkonomi.ID –Â Angkasa Pura I berhasil meraih tiga penghargaan dalam ajang BUMN Branding & Marketing Award 2022 Tahun Ke-10.
Dalam ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh BUMN Track tersebut, Angkasa Pura I berhasil meraih “Silver Winner” Global Brand and Marketing Strategy Kategori Global Branding and Marketing, “Gold Winner” International Recognition Kategori Global Branding and Marketing, serta The Best CMO BUMN Branding and Marketing – Perusahaan BUMN Kategori Personal Communication yang diraih oleh Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura Airports Devy Suradji.
Acara penghargaan dilaksanakan di Jakarta pada Rabu (09/11), serta diterima langsung oleh Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I Devy Suradji. “Penghargaan yang kami terima di tahun ini terasa sangat spesial. Selama dua tahun ke belakang, industri penerbangan dan bandar udara merupakan salah satu lini yang paling terdampak pandemi global Covid-19. Pada masa ini, Angkasa Pura I memiliki tekad untuk terus memberikan pelayanan prima kepada seluruh pengguna jasa bandara, di tengah tantangan untuk beradaptasi dengan situasi pandemi,” ujar Devy.
“Dalam masa ini, kami mengimplementasikan strategi branding bahwa Angkasa Pura I hadir untuk memberikan layanan prima kepada pengguna jasa bandara di tengah situasi pandemi. Hal ini sejalan dengan visi Perusahaan, yaitu Connecting the World Beyond Airport Operator with Indonesian Experience, Sedangkan dari sisi marketing, salah satu indikator keberhasilan Angkasa Pura Airports untuk survive di masa pandemi adalah kembali maraknya maskapai penerbangan, baik domestik dan internasional, yang melakukan reaktivasi rute dan membuka rute penerbangan baru di bandara yang kami kelola di tahun 2022 ini. Setelah sebelumnya banyak maskapai yang menghentikan operasional penerbangan di tahun 2020 dan 2021 akibat pandemi, kami mencatat terdapat sebanyak 144 reaktivasi rute dan pembukaan rute penerbangan baru di bulan Januari hingga September 2022. Tentunya ini merupakan buah keberhasilan atas strategi marketing perusahaan di masa pandemi ini,” lanjut Devy.
BUMN Branding & Marketing Award 2022 adalah ajang bergengsi yang memberikan apresiasi kepada perusahaan BUMN dan anak perusahaan BUMN yang telah menunjukkan kinerja perusahaan yang baik dalam menghadapi kompetisi dan persaingan di pasar global dengan inovasi di bidang branding dan marketing.
Memasuki tahun ke-10 penyelenggaraan, ajang ini diikuti oleh 97 peserta yang terdiri dari perusahaan BUMN dan anak perusahaan BUMN. Dalam penyelenggaraan kali ini, penghargaan ini mengangkat tema “Strong Brand Immunity to Stay Relevant”.
CEO BUMN Track SH Sutarto menegaskan pentingnya peran brand terhadap kinerja sebuah perusahaan. “Kekuatan brand itulah yang membuat perusahaan dapat tetap survive dan bahkan tumbuh. Kami mengapresiasi BUMN yang telah berupaya menjaga keseimbangan bisnis di masa yang tidak mudah. Terlebih, bagi mereka yang selalu melahirkan inovasi sehingga tidak hanya bertahan tapi mampu meningkatkan kinerjanya di masa pandemi,” ucap SH Sutarto.
Dalam penyelenggaraan ajang penghargaan ini, kategori pemenang dibagi menjadi tiga sektor, yaitu kategori BUMN, Anak Perusahaan BUMN, dan Perusahaan Tbk. BUMN Branding & Marketing Award 2022 didukung oleh tim dewan juri yang berasal dari berbagai latar belakang profesi, di antaranya adalah dari kalangan akademisi, praktisi, serta pakar branding dan marketing.
Tiga penghargaan yang berhasil diraih oleh Angkasa Pura I ini sekaligus melengkapi capaian yang berhasil diraih pada BUMN Branding & Marketing Award yang dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya, yaitu pada tahun 2020, 2019, dan 2017.