Minggu, Juli 14, 2024
spot_img

Pemerintah Salurkan BSU untuk 3,6 Juta Penerima Lewat Pos Indonesia

InfoEkonomi.ID – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menyatakan penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) akan disalurkan untuk 3,6 juta penerima melalui PT Pos Indonesia. Sebelumnya pemerintah telah melakukan penyaluran BSU untuk 9,2 juta tenaga kerja atau setara 71,64% dari total target penyaluran BSU yaitu 14,6 juta tenaga kerja.

“Sebanyak 9,2 juta BSU sudah selesai disalurkan, ditambah 3,6 juta yang akan disalurkan lewat kantor pos. Insyaallah mulai pekan depan, sudah kami mulai,” kata Sekjen Kemenaker Anwar Sanusi usai mengikuti Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional 2022 di Jakarta Convention Center pada Minggu (30/10/22).

- Advertisement -

Anwar menuturkan ada dua mekanisme upaya penyaluran BSU lewat PT Pos Indonesia dan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). BSU melalui Himbara langsung disampaikan ke rekening penerima. Sedangkan penyaluran BSU melalui PT Pos Indonesia, akan ada dua proses yaitu mencetak undangan dan menyampaikan undangan tersebut kepada penerima BSU.

“Sudah diproses, akan mulai proses pengambilan mungkin akan mulai dilaksanakan mulai Senin (31/10),” kata Anwar.

- Advertisement -

Penyaluran BSU secara keseluruhan bisa ditargetkan selesai pada awal November 2022. Penyelesaian untuk penyaluran lewat PT Pos Indonesia maupun Himbara.

“Insyaallah pekan besok bisa diambil, target kami awal November sudah selesai. Mudah-mudahan bisa kita selesaikan terkait BSU ini,” ucapnya.

Sebelumnya Sekjen Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI) Timboel Siregar menilai pemerintah belum menjalankan penyaluran BSU secara optimal. Sebab sampai saat ini penyaluran BSU masih 71,64%, seharusnya bisa lebih dipercepat lagi. Bila dibanding dengan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat miskin yang saat ini sudah mencapai 98,57%, penyaluran BSU relatif lambat. Penyaluran BSU 2022 harus disegerakan sampai akhir bulan Oktober ini. Bila penyaluran BSU 2022 telat, maka momentum BSU 2022 membantu daya beli pekerja menjadi tidak efektif.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Info Hari Ini

HOT NEWS

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img