PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF) atau Adira Finance memperkirakan bahwa penyaluran pembiayaan kendaraan baru akan mengalami pertumbuhan positif selama periode Ramadan dan Lebaran 2025, meskipun tren penjualan kendaraan saat ini sedang mengalami penurunan.
Chief Financial Officer Adira Finance, Sylvanus Gani, menjelaskan bahwa peningkatan ini didorong oleh meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap transportasi dan konsumsi selama Ramadan dan Lebaran.
“Misalnya, kebutuhan kendaraan untuk perjalanan mudik, belanja makanan, hingga biaya perjalanan, tetap menjadi faktor utama yang mendukung pertumbuhan pembiayaan kendaraan kami di periode tersebut,” ujar Gani, Jumat (28/2).
Gani menambahkan bahwa Adira Finance akan memanfaatkan momentum Ramadan dan Lebaran dengan tetap menerapkan prinsip kehati-hatian guna memastikan kinerja keuangan yang sehat dan berkelanjutan.
Kinerja Pembiayaan Kendaraan Adira Finance di Awal 2025
Per Januari 2025, Adira Finance mencatat pembiayaan kendaraan baru sebesar Rp 2,4 triliun. Angka ini mengalami penurunan dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, meskipun Gani tidak mengungkapkan besaran penurunan tersebut.
“Penurunan pembiayaan kendaraan baru ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk kenaikan PPN dan pajak opsen,” jelasnya.
Namun, ia tetap optimis bahwa momentum Ramadan dan Lebaran 2025 dapat mendorong pertumbuhan pembiayaan kendaraan, baik untuk kendaraan baru maupun bekas.
Strategi Adira Finance untuk Pertumbuhan Pembiayaan Kendaraan
Untuk menjaga pertumbuhan penyaluran pembiayaan kendaraan di tahun 2025, Adira Finance menerapkan berbagai strategi, antara lain:
- Ekspansi Bisnis Selektif: Memperluas bisnis ke daerah-daerah dengan potensi tinggi.
- Pengembangan Produk Non-Otomotif: Memperkuat layanan seperti produk multiguna (Solusi Dana).
- Kerja Sama dengan Dealer dan Mitra Strategis: Memperluas jaringan kerja sama untuk meningkatkan akses pembiayaan.
- Referral dari Bank Danamon: Memanfaatkan kerja sama dengan Bank Danamon untuk memperluas basis pelanggan dan meningkatkan penyaluran pembiayaan melalui program KPM Prima.
- Peningkatan Retensi Nasabah: Menawarkan berbagai program loyalitas serta memperbaiki proses layanan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
- Efisiensi Biaya melalui Digitalisasi: Mengoptimalkan struktur biaya agar lebih kompetitif dengan menerapkan digitalisasi dalam berbagai proses bisnis.
Program SOBAT Ramadan 2025
Adira Finance juga menghadirkan berbagai program menarik selama Ramadan 2025, antara lain:
- Cashback Adirapoin SOBAT Adira Expo
- Undian UUS 2025 SOBAT Adira Expo
- Cashback Adirapoin
Dengan berbagai strategi dan program ini, Adira Finance optimis dapat meningkatkan penyaluran pembiayaan kendaraan selama Ramadan dan Lebaran 2025.