Selasa, Februari 18, 2025
spot_img

Jasa Marga Paparkan Evaluasi Pelayanan Libur Isra Mikraj dan Imlek 2025

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memaparkan evaluasi pelayanan libur Isra Mikraj dan Imlek 2025 dalam kunjungan kerja Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Roy Rizali Anwar di Pos Pantau Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat, Minggu (2/2).

Pada kunjungan kerja yang dilakukan Dirjen Bina Marga Kementerian PU Roy Rizali Anwar ini, hadir pula Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat Kementerian PU Sjofva Roliansjah beserta jajaran, Direktur Operasi Jasa Marga Fitri Wiyanti, Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga M. Agus Setiawan, Corporate Secretary & Chief Administration Officer Jasa Marga Ari Wibowo, serta para BOD-1 Jasa Marga Group.

- Advertisement -

Direktur Operasi Jasa Marga Fitri Wiyanti, dalam paparannya melaporkan total volume lalu lintas (lalin) kendaraan yang meninggalkan wilayah Jabotabek selama periode Libur Isra Mikraj dan Imlek 2025 per 24 Januari sampai dengan 1 Febuari sebanyak 1,43 juta kendaraan, yang secara angka kumulatif dari empat Gerbang Tol (GT) utama, yakni GT Cikampek Utama (arah Trans Jawa), GT Kalihurip (arah Bandung), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikupa (arah Merak).

Baca juga: Jasa Marga Catat 176 Ribu Kendaraan Kembali ke Jabotabek

“Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini meningkat 11,3% jika dibandingkan lalin normal (1,28 juta kendaraan). Jasa Marga juga mencatat adanya peningkatan kendaraan yang kembali atau masuk ke wilayah Jabotabek sebanyak 1,41 juta kendaraan atau meningkat 14,3% dari lalin normal (1,09 juta kendaraan),” papar Fitri.

- Advertisement -

Fitri Wiyanti juga menerangkan bahwa Jasa Marga sukses mengimplementasikan berbagai inisiatif untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan tol pada periode libur Isra Mikraj dan Imlek 2025 dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligent (AI) dalam penerapan Traffic Management hingga penyampaian informasi rekayasa lalu lintas berbasis safety dengan Traveler Information System melalui Dynamic Message Sign (DMS) dan mobile apps Travoy guna menghadirkan layanan yang optimal dan terintegrasi.

“Jasa Marga akan terus mengedepankan visi pelayanan publik berbasis teknologi dan kolaborasi dalam menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2025 atau Idulfitri 1446 H mendatang. Strategi ke depan mencakup percepatan pelebaran jalan tol, peningkatan kapasitas infrastruktur, dan optimalisasi penggunaan platform digital seperti Jasamarga Integrated Digitalmaps (JID),” terang Fitri.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga M. Agus Setiawan turut menambahkan bahwa Jasa Marga konsisten melakukan strategi manajemen peningkatan layanan rest area melalui sistem pengendalian parkir berbasis Intelligent Transport System (ITS) dengan Rest Area Management System (RAMS) dalam memberikan pelayanan optimal kepada pengguna jalan tol saat periode libur panjang, baik itu momen Isra Mirkaj dan Imlek 2025 ini ataupun Lebaran 2025 mendatang.

“Peningkatan pelayanan ini terus dioptimalkan Jasa Marga untuk menginformasikan kapasitas parkir di rest area, penyediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), posko kesehatan, peturasan dengan penyejuk udara, kolaborasi dengan Pertamina untuk ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) baik motoris atau modular, hingga pengaturan flow kendaraan di rest area kepada para pengguna jalan tol yang hendak istirahat,” ucap Agus.

- Advertisement -

Di sisi lain, Dirjen Bina Marga Kementerian PU Roy Rizali Anwar menyampaikan apresiasi atas kinerja Jasa Marga yang telah bekerja maksimal dalam melayani masyarakat yang hendak berlibur pada periode Isra Mirkaj dan Imlek 2025. Tentunya pelayanan yang telah dilakukan ini juga dapat dimanfaatkan untuk periode arus mudik dan balik Lebaran 2025 atau Idulfitri 1446 H mendatang.

“Jasa Marga patut diapresiasi karena telah siaga untuk bekerja secara maksimal dalam persiapan dan pelaksanaan pelayanan operasional selama periode Libur Isra Mikraj dan Imlek 2025 dengan memanfaatkan beragam teknologi mutakhir yang terintegrasi untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada pengguna jalan secara optimal. Meski begitu, Jasa Marga juga memerlukan dukungan penuh dari seluruh stakeholders terkait, termasuk pemerintah dan masyarakat,” tutur Roy.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan Bina Marga Kementerian PU turut melihat langsung pelayanan yang ada di Rest Area Travoy KM 88 B Ruas Tol Cipularang, Karawang, Purwakarta, Jawa Barat dengan meninjau fasilitas umum seperti toilet, fasilitas untuk kelompok rentan seperti toilet untuk disabilitas, ruang laktasi bagi ibu menyusui, taman bermain anak, kampoeng UMKM 88 B, dan fasilitas SPKLU.

Jasa Marga akan terus menyiapkan strategi operasional dan peningkatan sejumlah pelayanan di jalan tol milik Jasa Marga Group sebagai upaya untuk menjaga Standar Pelayanan Minimal (SPM) tetap optimal dan mengantisipasi potensi kepadatan yang terjadi selama arus keluar dan balik periode Lebaran 2025 atau Idulfitri 1446H termasuk meningkatkan kualitas layanan operasional dengan memperhatikan semua sisi fasilitas guna memberikan pelayanan maksimal kepada para pengendara.

Cek Artikel dan Berita Lainnya di Google News

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Ikuti Kami

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

Terbaru

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img