Selasa, Februari 18, 2025
spot_img

InJourney Airports Layani 2,79 Juta Penumpang Saat Libur Isra Miraj-Imlek

PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) mencatat lonjakan signifikan dalam jumlah penumpang selama libur panjang Isra Miraj dan Imlek pada 24-29 Januari 2025. Tercatat sebanyak 2,79 juta penumpang menggunakan layanan penerbangan di 37 bandara yang dikelola perusahaan, mengalami peningkatan 14 persen dibandingkan hari biasa.

Direktur Utama InJourney Airports, Faik Fahmi, mengungkapkan bahwa selama periode tersebut, pergerakan pesawat mencapai 19.400 penerbangan, naik 8,7 persen dari pekan sebelumnya. Peningkatan ini menunjukkan tingginya mobilitas masyarakat dalam memanfaatkan libur panjang untuk bepergian.

- Advertisement -

Fahmi menjelaskan bahwa tingkat utilisasi slot time di bandara yang dikelola InJourney Airports mencapai 80 persen, menunjukkan efisiensi dalam pengelolaan jadwal penerbangan.

“InJourney Airports bersama maskapai dan stakeholder lainnya mampu mengakomodir meningkatnya permintaan perjalanan udara masyarakat pada periode libur panjang Isra Miraj dan Imlek. Kami mendorong optimalisasi di seluruh bandara dan hasilnya utilisasi slot time cukup time yakni mencapai 80 persen dari total slot time yang tersedia di seluruh bandara,” katanya.

- Advertisement -

Dalam hal ini, kata Fahmi, terdapat lima bandara tersibuk pada periode libur panjang 24 – 29 Januari 2025, yakni Soekarno-Hatta Tangerang (987 ribu penumpang), I Gusti Ngurah Rai Bali (423 ribu penumpang), Juanda Surabaya (237 ribu penumpang), Sultan Hasanuddin Makassar (161 ribu penumpang) dan Kualanamu Deli Serdang (134 ribu penumpang).

“Sementara itu, rute tersibuk adalah Jakarta – Bali – Jakarta, Jakarta – Medan (Kualanamu) – Jakarta, Jakarta – Surabaya – Jakarta, Jakarta – Makassar – Jakarta dan Jakarta – Pontianak – Jakarta,” katanya.

Kendati demikian, pada malam hari tanggal 28 Januari 2025 sempat terjadi intensitas hujan yang tinggi di kawasan Bandara Soekarno-Hatta sehingga menyebabkan adanya genangan air pada beberapa titik di bandara, untuk kemudian dilakukan penanganan sesuai prosedur sehingga secara cepat genangan air dapat dihilangkan dan operasional bandara tetap berjalan dengan baik.

“InJourney Airports berterima kasih kepada maskapai, AirNav Indonesia, TNI, Polri, dan seluruh pihak di Bandara Soekarno-Hatta yang telah berkolaborasi dengan erat, sehingga operasional bandara dapat tetap berjalan baik dengan tetap mengedepankan aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan,” kata dia.

- Advertisement -

Cek Artikel dan Berita Lainnya di Google News

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Ikuti Kami

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

Terbaru

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img