Jumat, Juli 19, 2024
spot_img

Kolaborasi Pemerintah dan OceanX Mengungkap Misteri Laut Dalam Indonesia

InfoEkonomi.ID – Dalam rangka mendukung Indonesia Mission 2024, Pemerintah Indonesia bersama OceanX menginisiasi kemitraan dalam bidang Riset dan Teknologi Kelautan, Edukasi Publik, dan Pengembangan Kapasitas. Kegiatan ini dikoordinasikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, yang salah satunya adalah penyelenggaraan University Lecture Tours (ULT) di Universitas Indonesia pada Selasa (09/07/2024).

Indonesia masih menghadapi tantangan besar dalam memetakan wilayah perairannya. Dengan 70% wilayah berupa lautan, hanya 19% dari wilayah perairan Indonesia yang telah dipetakan, terutama di laut dalam. Hal ini disampaikan oleh Pelaksana Tugas Asisten Deputi Pengembangan Perikanan Budidaya, Cahyadi Rasyid.

- Advertisement -

“Indonesia adalah kepulauan terbesar di dunia dengan 70% wilayahnya berupa lautan. Namun, hingga saat ini, baru 19% wilayah perairan yang telah dipetakan, terutama laut dalam. Ini menjadi tantangan bagi pemerintah Indonesia,” ujar Asisten Deputi Cahyadi dalam sambutannya.

Banyak perairan di Indonesia memiliki kedalaman yang melebihi gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa yang mencapai 830 meter, dan lokasi tenggelamnya kapal Titanic di Samudra Atlantik Utara yang mencapai kedalaman 3.800 meter. Sebagai negara berkembang, Indonesia menghadapi keterbatasan dana dan teknologi untuk menjelajahi laut dalam.

- Advertisement -

Kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan OceanX diharapkan membawa manfaat besar bagi Indonesia. Asisten Deputi Cahyadi menuturkan keuntungan yang akan didapat dari kerja sama ini.

“Tahun ini adalah kesempatan emas bagi Indonesia, menjadi lokasi survei dari kerja sama dengan OceanX yang memungkinkan pengumpulan data yang lebih mendalam dan relevan untuk riset dan pengembangan kelautan nasional, serta eksplorasi keragaman hayati di laut dalam Indonesia,” tuturnya.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Info Hari Ini

HOT NEWS

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img