Senin, Juni 17, 2024
spot_img

Waspada! Harga Beras Diprediksi Bakal Naik Lagi dari Juli-Desember

InfoEkonomi.ID – Badan Pangan Nasional (Bapanas) memproyeksikan harga beras akan kembali mengalami kenaikan di semester II tahun 2024. Prediksi ini muncul akibat potensi penurunan produksi sepanjang Juli hingga Desember 2024.

Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi, menjelaskan bahwa rendahnya produksi akan meningkatkan harga gabah, yang tentu saja akan berdampak pada harga beras di konsumen. Hal ini disampaikan dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi IV DPR RI, Senin (10/6/2024).

- Advertisement -

“Pada saat semester II, produksi pasti di bawah, sehingga akan ada perebutan gabah, itu yang akan memicu harga akan naik di setiap akhir tahun. Malah tahun ini dalam dua sampai tiga bulan ke depan akan diprediksi naik,” kata Arief dikutip Selasa (11/6/2024).

Arief menyebutkan bahwa kenaikan harga gabah dan beras diperkirakan akan melebihi harga eceran tertinggi (HET) dan harga pembelian pemerintah (HPP) yang sudah dinaikkan. Kenaikan ini telah diatur dalam Peraturan Badan Pangan Nasional (Perbadan) Nomor 5 tahun 2024 tentang Perubahan atas Perbadan Nomor 7 tahun 2023 tentang HET Beras.

- Advertisement -

“Ada kemungkinan (kenaikan di atas HPP) pada saat gabah rendah,” jelas dia.

Arief juga mengungkapkan proyeksi dari Survei Kerangka Sampel Area (KSA) Badan Pusat Statistik (BPS), di mana produksi beras dari Januari hingga Juli 2024 hanya mencapai 18,64 juta ton.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Info Hari Ini

HOT NEWS

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img