Senin, Juni 17, 2024
spot_img

Kemenkeu Sebut Sulit Jangkau Gen Z Untuk Beli Surat Utang Negara

InfoEkonomi.ID – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menghadapi tantangan besar dalam memikat Generasi Z (Gen Z) untuk berinvestasi dalam surat utang negara (SUN), khususnya melalui surat berharga negara (SBN) ritel. Data terbaru menunjukkan bahwa hanya 2,3 persen dari total investor adalah Gen Z hingga April 2024, sementara pembeli SBN ritel dari kalangan Milenial mencapai 51 persen.

Direktur Surat Utang Negara Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu, Deni Ridwan, mengungkapkan kesulitan ini dalam sebuah acara Media Briefing di Hotel Sultan, Jakarta Pusat pada Senin (10/6). Ridwan menyoroti perilaku Gen Z yang rentan terhadap utang konsumtif, yang menurutnya membutuhkan upaya edukasi lebih lanjut.

- Advertisement -

“Sekarang ini untuk Gen Z terlalu mudah untuk berutang, ya kan? Sekarang kalau kita beli di e-commerce langsung tawaran paylater, jadi lebih mudah untuk bayar melalui pinjaman dibandingkan dengan cash,” katanya dalam Media Briefing di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Senin (10/6).

“Itu salah satu tantangan kita bagaimana supaya bisa mengedukasi masyarakat terkait pengelolaan keuangan yang baik. Supaya jangan sampai kita terjebak gaya hidup konsumtif, sehingga kita tidak memiliki aset yang cukup untuk menghadapi masa tua nanti,” imbuh Deni.

- Advertisement -

Ridwan memperingatkan agar gaya hidup masyarakat tidak sepenuhnya bergantung pada pendapatan masa depan, dan lebih baik biaya hidup dibiayai melalui investasi dalam SBN ritel.

Ia mengumumkan Kemenkeu resmi menawarkan savings bond ritel (SBR)-013, yakni SBR013T2 dengan tenor 2 tahun dan SBR013T4 yang jatuh tempo 4 tahun hingga 2028. Rinciannya, SBR013T2 menawarkan kupon minimal 6,45 persen per tahun serta SBR013T4 sebesar 6,60 persen setiap tahunnya.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Info Hari Ini

HOT NEWS

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img