Senin, Mei 27, 2024
spot_img

BERITA UNGGULAN

BSI Catat Peningkatan Pembiayaan Berkelanjutan Capai 15% pada Triwulan I-2024

InfoEkonomi.ID – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mencatat peningkatan portofolio pembiayaan berkelanjutan sebesar 15% secara tahunan (YoY) menjadi total Rp59,19 triliun pada triwulan pertama 2024. Pembiayaan ini mencakup usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta kegiatan usaha berbasis lingkungan.

Menurut Direktur Utama BSI, Hery Gunardi, dari total pembiayaan berkelanjutan tersebut, sebesar Rp46,62 triliun dialokasikan untuk UMKM atau Kegiatan Usaha Berwawasan Sosial (KUBS), sedangkan Rp12,57 triliun disalurkan untuk Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan (KUBL) atau green financing.

- Advertisement -

“Berkelanjutan telah menjadi salah satu fokus utama BSI sebagai bank syariah. Sudah menjadi kewajiban kami untuk menjaga lingkungan dan memberikan manfaat sosial demi masa depan BSI, bertekad menjadi pemimpin perbankan syariah berkelanjutan sekaligus berkontribusi aktif terhadap pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia,” kata Direktur Utama BSI Hery Gunardi saat Public Expose Sukuk Mudharabah Keberlanjutan di Jakarta yang dilansir dari ANTARA, Rabu.

Direktur Kepatuhan dan SDM BSI, Tribuana Tunggadewi, menyatakan bahwa perjalanan ESG (environmental, social, and governance) BSI dimulai sejak 2021, dengan sustainable portfolio awal terdiri dari KUBS senilai Rp39,5 triliun dan KUBL senilai Rp6,9 triliun.

- Advertisement -

“Di BSI, kegiatan usaha berbasis lingkungan itu terdiri dari eco efficient product, kemudian renewable energy, sustainable agriculture dan yang lainnya,” ujar dia.

Dewi menyebutkan, pertumbuhan UMKM BSI terhadap Rasio Pembiayaan Inklusif Makroprudensial (RPIM) mencapai 35,4 persen per Maret 2024. BSI juga terus mendukung UMKM Indonesia dengan mendirikan UMKM Center di Aceh, Yogyakarta, dan Surabaya yang mendukung terhadap 3.185 nasabah.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Info Hari Ini

HOT NEWS

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img