Rabu, April 24, 2024
spot_img

BERITA UNGGULAN

Publik Relations di Era Digital

- Advertisement -

InfoEkonomi.ID – Berbicara mengenai public relations (PR) ada sebuah quotes dari Lord Chadlington yang mengatakan, “PR is about creating content and managing communication in whatever format it is”. Sekarang ini, quotes tersebut menjadi sangat menarik, di mana para pelaku PR harus beradaptasi dan melakukan berbagai perubahan.

Di era digital ini, pelaku PR harus mengetahui bagaimana perilaku masyarakat, konsumen atau target pasar dalam mengakses informasi secara digital. Salah satu instrumen yang dapat digunakan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan tersebut adalah melalui mesin pencari atau yang kita sedia sebut sebagai search engine.

- Advertisement -

Pelaku PR dapat melakukan riset dengan menggunakan kata-kata kunci (key words) apa saja yang dibutuhkan audiens atau pasar. Hasil analisis tersebut dapat menjadi panduan dalam membuat content yang sudah relevan dan juga dibutuhkan oleh target konsumen.

Selain itu, official website juga telah menjadi satu sumber informasi valid yang dapat diakses. Sebagai website resmi dari suatu perusahaan atau instansi pemerintah hingga BUMN dan BUMD, official website menampilkan konten-konten yang relevan bagi konsumen. Apalagi official website biasanya menampilkan kanal pers release mereka sehingga publik dapat mengakses berbagai informasi yang paling valid karena dipublikasikan sendiri oleh tim PR website resmi tersebut.

- Advertisement -

Official website haruslah di-improve terutama dari sisi mobile friendliness agar dapat menjadi suatu interaksi engagement dengan konsumen. Apalagi sekarang ini lebih dari 80 persen masyarakat Indonesia disinyalir mengakses informasi melalui smartphone. Ini menjadi catatan penting karena ketika website resmi tidak mobile friendly sudah pasti kemudahan akses terhadap informasi yang disajikan akan menjadi titik tekan. Jadi official website haruslah di-improve terutama dari sisi mobile friendliness agar gapat menjadi suatu interaksi engagement dengan target audiens.

Besarnya persentase pengguna smartphone tak ayal media sosial menjadi bidikan untuk dapat menyesuaikan target audiens. Karakteristik masing-masing media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, Twitter, Linkedin hingga Tik Tok apabila dapat dikelola dengan baik sesuai target audiens dengan informasi yang relevan dan mereka butuhkan di masing-masing platform media sosial itu tentu saja akan dapat memudahkan untuk menjaring loyalitas konsumen.

Pada perusahaan-perusahaan swasta tentunya kegiatan PR mereka lebih mengarah ke marketing public relations. Jadi bagaimana konsumen mencari produk atau jasa atau mengakses berbagai informasi dengan landingnya pada kemudahan konsumen untuk mengakses produk atau layanan melalui channel berbagai marketplace, seperti contoh pada tiga marketplace terbesar di Indonesia, yakni Shopee, Tokopedia dan Bukalapak telah menjadi channel yang memudahkan konsumen untuk mengakses produk atau layanan.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Info Hari Ini

HOT NEWS

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img