Rabu, April 24, 2024
spot_img

BERITA UNGGULAN

Kompetensi Humas Pemerintah di Era Digital

- Advertisement -

InfoEkonomi.ID Adalah robot humanoid perempuan berteknologi artificial intelligence yang pernah menjadi tren di dunia digital bernama Sofia yang pada suatu ketika si Sofia ini diundang dalam sebuah talk show.

Uniknya, dalam acara tersebut Sofia ini mengajak si Bos acara bermain hompimpa, paper – rock – scissor, dan hasilnya robot Sofia ini menang. Menariknya, pada saat si robot menang, dia bilang, “This is good beginning of my plan to dominate the human right,” atau terjemahan bebasnya adalah Ini adalah sebuah permulaan yang bagus dari rencana saya untuk mendominasi manusia. Tentu saja si Sofia itu berkata dalam konteks bercanda.

- Advertisement -

Sejenak bila kita renungkan, bercanda atau tidak, memang tidak menutup kemungkinan suatu ketika di masa depan nanti, teknologi AI yang diciptakan manusia akan mengalahkan sang penciptanya sendiri, yaitu manusia itu sendiri.

Ya, itu adalah sebuah ilustrasi yang bisa menggambarkan kepada kita, betapa teknologi digital saat ini berkembang dengan sangat luar biasa cepatnya dan juga luar biasa canggihnya. selain membawa perubahan yang bersifat disrupting yang mampu menggantikan segala sesuatu yang tradisional dan konvensional, juga membawa tren-tren baru yang sangat berpeluang menjadi era dan lansekap baru dari kehidupan manusia di masa datang.

- Advertisement -

Mengacu pada perkembangan komunikasi digital saat ini, disadari atau tidak kita telah berada di ambang era media sosial spasial yang ditandai dengan integrasi dunia maya dengan dunia nyata dalam bentuk metaverse sebagai next border atau perbatasan berikutnya yang melampaui dunia nyata yang kita tahu sekarang ini dengan dunia maya.

Konsep ini sudah dikenal di film-film science fiction sejak dua dekade lalu. Sebagian dari kita mungkin ingat serial Star Trek Next Generation dan terkagum dengan teknologi sebuah ruang di starship Enterprise bernama Holodeck yang bisa kita atur menjadi kisah apa saja dan ketika kita masuk ke dalam ruangan itu seakan kita terbawa dalam alam kisah yang terprogram tersebut. Bagaimana ketakutannya kita dikejar-kejar dinosaurus pemangsa, menghindar dari canon ball meriam bajak laut, menjadi penasihat utama Julius Caesar yang penuh intrik, bahkan berperan menjadi Sherlock Holmes berusaha memecahkan kasus-kasus rumit dan pelik dapat kita alami seolah bagai kenyataan.

Sekarang inilah gerbang di mana dunia maya ala Holodeck di Enterprise Starship sudah terbentang di hadapan kita semua dengan melalui teknologi metaverse. Teknologi ini tidak kita undang untuk hadir tetapi kita juga tidak bisa mengelak bahwasanya teknoloig tersebut pasti akan terjadi. Mau tidak mau, suka tidak suka, suatu ketika nanti kita akan berada di dalam ruangan seperti itu.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Info Hari Ini

HOT NEWS

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img