Selasa, Juni 25, 2024
spot_img

Yuk, Kenalan Sama Budaya Betawi Unik dan Autentik di Berbagai Sudut Jakarta

InfoEkonomi.ID – Mungkin sudah banyak dari kalian yang tahu, kalau ikon budaya Ibu Kota Jakarta adalah kebudayaan suku Betawi. Usut punya usut, suku ini terhitung sebagai pendatang baru di Jakarta karena merupakan hasil perpaduan berbagai etnis yang telah lebih dulu tinggal di ibu kota.

Akan tetapi, apakah kamu sudah mengenal lebih dekat dengan budaya betawi? Kira-kira ada apa saja ragam budayanya? Untuk itu, yuk kita hampiri satu per satu tempat-tempat di ibu kota di mana kamu bisa menemukan tradisi unik khas Betawi berikut ini!

- Advertisement -

1. Cagar Buah Condet, Kramat Jati

Tidak hanya warga luar ibu kota, sebagian warga Kota Jakarta mungkin juga belum tahu keberadaan cagar buah legendaris ini, yaitu Cagar Buah Condet di Kramat Jati. Area seluas 3,7 hektare ini merupakan lahan milik warga asli Condet yang bersuku Betawi.

- Advertisement -

Di sinilah buah khas Betawi, yaitu salak condet dan duku condet, diproduksi. Selain kedua buah tersebut, terdapat berbagai tanaman seperti rambutan rapiah, melinjo, nangka, kecapi, aren, dan tanaman buah lainnya.

Kini, Cagar Buah Condet diberdayakan oleh Pemprov DKI Jakarta untuk menjadi kawasan pelestarian tanaman khas Betawi sekaligus tempat wisata edukasi.

Alamat: Jl. Kayu Manis No.3, Balekambang, Kec. Kramat jati, Jakarta Timur, DKI Jakarta

2. Kampung Rawa Belong, Palmerah

- Advertisement -

Salah satu kampung Betawi yang legendaris adalah Kampung Rawa Belong yang berada di Palmerah. Di sinilah kabarnya tempat lahirnya sang legenda jawara Betawi, Si Pitung, sekitar tahun 1866.

Selain Si Pitung, jawara Betawi lainnya seperti Mat Item dan sastrawan Betawi SM Ardan juga pernah mendiami kampung ini.

Kampung ini juga merupakan tempat berkembangnya seni persilatan Betawi yang bernama Cingkrik. Kalau Sobat Pesona main ke sini, jangan lupa untuk membeli bunga karena kampung ini juga merupakan pusat penjualan bunga segar terbesar di ibu kota.

Kampung Rawa Belong berlokasi di pertigaan yang menghubungkan Jalan Rawa Belong, Jalan Palmerah, dan Jalan Kebayoran Lama.

Alamat: Jl. Rw. Belong,Kec. Palmerah, Jakarta Barat, DKI Jakarta

3. Kampung Setu Babakan, Jagakarsa

Ini dia nih salah satu kampung yang paling tenar sebagai tempat untuk mencari tahu serba-serbi kebudayaan Betawi, yaitu Kampung Setu Babakan di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Info Hari Ini

HOT NEWS

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img