Rabu, Juni 19, 2024
spot_img

Peringati Dua Dekade Pencegahan Pencucian Uang dan Pendanaan Terorisme, Danamon Tanam Pohon Bambu di Magelang

InfoEkonomi.ID – Dalam beberapa tahun terakhir, mencegah pencucian uang dan mengambil tindakan terhadap pendanaan terorisme menjadi semakin penting sebagai akibat dari meningkatnya kejahatan terorganisir. Memperingati Dua Dekade Gerakan Nasional Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU dan PPT), Danamon hari ini turut berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan yang diselenggarakan Forum Komunikasi Direktur Kepatuhan Perbankan (FKDKP) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dengan melakukan penanaman pohon bambu di Desa Ngargoretno, Kabupaten Magelang pada Jumat, 18 November 2022. Hal ini sebagai bagian Dua Dekade PPATK di tahun 2022 ini.

Komitmen Danamon terhadap Gerakan Nasional APU dan PPT merupakan bagian dari upaya Danamon dalam memenuhi komitmen untuk mematuhi dan menerapkan prinsip-prinsip Tata Kelola yang baik sesuai Peraturan Bank Indonesia tentang Tata Kelola Perusahaan, baik di fungsi pendukung maupun di semua lini bisnis. Hal ini karena sektor perbankan merupakan garda terdepan yang memiliki peran strategis untuk mendeteksi adanya transaksi keuangan mencurigakan ataupun melaporkan transaksi tertentu.

- Advertisement -

“Kami melakukan serangkaian tindakan pencegahan ini bukan hanya karena kami ingin memenuhi standar dan peraturan yang ada, tetapi karena kami percaya bahwa praktik pencucian uang khususnya yang digunakan untuk terorisme akan berpengaruh terhadap stabilitas sistem keuangan, ekonomi, sosial dan politik. Dan tentu saja, hal ini mempengaruhi kemampuan kami untuk memberikan layanan terbaik kepada para nasabah kami. Danamon percaya implementasi Tata Kelola yang baik akan membantu mencapai sasaran bisnis dan menghasilkan keunggulan jangka panjang bagi semua pihak yang terkait,” jelas Rita Mirasari, Direktur Kepatuhan PT Bank Danamon Indonesia Tbk.

Prinsip ini didasari oleh nilai-nilai Danamon yaitu Berkolaborasi, Integritas, Sigap Melayani dan Adaptif (BISA) yang mencakup panduan berperilaku dan menjalankan setiap tugas dan kewajiban, serta diterapkan oleh seluruh karyawan, manajemen, direksi, dan komisaris Danamon. Nilai-nilai inilah yang memandu Danamon dalam 66 tahun perjalanannya di Indonesia sehingga Danamon kini dapat menjadi bank kepercayaan nasabah (trusted bank). Hal ini dibuktikan antara lain dengan diraihnya empat penghargaan di ajang bergengsi TOP GRC 2022 belum lama ini, atas komitmen dan pencapaian Danamon dalam bidang Governance, Risk dan Compliance (GRC). Adapun penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang dinilai telah memiliki kelengkapan Sistem dan Infrastruktur GRC yang baik dan berhasil dalam mengimplementasikan Good Corporate Governance (GCG), Manajemen Risiko, dan Pengelolaan Kepatuhan untuk mendukung tumbuhnya bisnis secara berkelanjutan.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Info Hari Ini

HOT NEWS

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img