Selasa, Juni 25, 2024
spot_img

Menperin Dukung Industri Kerjasama Transformasi Energi Terbarukan

InfoEkonomi.ID – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) konsisten mendukung sektor industri manufaktur untuk melakukan transisi energi ke energi hijau dan energi terbarukan yang berkelanjutan sebagai bagian dari langkah kebijakan energi demi menjaga keberlangsungan peradaban. Karena itu, Kemenperin terus mengakselerasi pertumbuhan ekonomi berbasis industri hijau melalui efisiensi sumber daya alam dan penerapan circular economy, serta pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) seperti biofuel, biomass, dan refuse-derived fuel (RDF).

“Dalam hal ini, Kemenperin mengharapkan kerja sama lintas sektor untuk menyatukan langkah dalam melakukan trasnformasi ini,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita kala membuka Cut The Tosh Collaboration Summit yang diinisiasi PT Multi Bintang Indonesia di Jakarta, Selasa (18/10).

- Advertisement -

Menperin menjelaskan, langkah yang juga diambil Kemenperin meliputi percepatan industrialisasi kendaraan bermotor yang hemat energi dan ramah lingkungan. Selain memproduksi kendaraan yang ramah lingkungan, diharapkan industri yang memproduksi dapat mewujudkan pabrik dengan energi yang lebih ramah lingkungan, termasuk logistik dan transportasinya.

“Kami di Kemenperin mengharapkan upaya-upaya yang kami inisiasi tersebut dapat berkontribusi dalam menekan emisi GRK sektor industri, sekaligus meningkatkan efisiensi dan daya saing perusahaan dalam berkompetisi di kancah global,” katanya.

- Advertisement -

Pada kesempatan tersebut, Menperin mengapresiasi upaya penyediaan energi terbarukanyang telah dilakukan PT Multi Bintang Indonesia, Tbk seperti pembangunan fasilitas biomassa di pabrik Tangerang dan Mojokerto, serta kerja sama penyediaan listrik dari PLTS Cirata yang bekerjasama dengan PT PLN.“Memperbanyak penyediaan opsi energi terbarukan adalah kunci mempercepat pencapaian target emisi nol bersih di Indonesia.Selanjutnya, saya berharap agar perusahaan dapat terus meningkatkan capaian energi terbarukannya sehingga mendukung program penurunan emisi GRK di tahun 2030 dan Indonesia Karbon Netral 2060,” tegas Menperin. Ia juga mendorong industri lain mengikuti langkah yang telah dilakukan oleh PT Multi Bintang Indonesia, Tbk. Tersebut.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Info Hari Ini

HOT NEWS

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img