Minggu, Juli 14, 2024
spot_img

Mengenal FinTech Untuk Keuangan dan Bisnis Lebih Baik

InfoEkonomi.ID – Perkembangan globalisasi memiliki dampak yang baik, salah satunya pada sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi. Perkembangan ini kemudian menandakan bahwa era digital telah merambah ke perusahaan-perusahaan rintisan atau startup. Salah satu bidang yang berkembang dalam perusahaan-perusahaan tersebut adalah FinTech atau Financial Technology.

Apa Itu FinTech?

- Advertisement -

Menurut National Digital Research Center (NDRC), FinTech adalah sebutan untuk inovasi dalam bidang jasa keuangan atau finansial. Inovasi tersebut berupa kolaborasi antara teknologi dengan lembaga penyedia jasa keuangan. FinTech termasuk sistem yang berkembang cukup pesat karena bersinergi satu sama lain dengan e-commerce dimana FinTech akan membantu proses dari jual beli dalam UMKM agar bisa diterima oleh masyarakat luas.

Masyarakat luas pun mengakui bahwa FinTech membawa keuntungan dan dampak yang cukup besar bagi urusan finansial mereka. Dibuktikan pada perkembangan pengguna FinTech juga terus berkembang dari tahun ke tahun. Bersumber pada World Bank pengguna FinTech yang awalnya 7% di tahun 2007, berkembang menjadi 20% di tahun 2011, kemudian meningkat menjadi 36% di tahun 2014, dan di tahun 2017 kemarin sudah menginjak angka 78% atau tercatat sebanyak 135-140 perusahaan, dengan total nilai transaksi FinTech di Indonesia pada tahun 2017 tersebut diperkirakan mencapai Rp 202,77 Triliun!

- Advertisement -

Mengenal Manfaat FinTech!

Smart People, telah kita rasakan sendiri bahwa di Indonesia, hadirnya FinTech telah membantu masyarakat menyelesaikan berbagai masalah. Perpaduan antara efektivitas dan teknologi memiliki dampak positif bagi masyarakat pada umumnya.

Selain membantu perkembangan pada bidang startup hal ini juga dapat membantu perluasan lapangan kerja yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. FinTech juga dapat menjangkau masyarakat yang tidak dapat dijangkau oleh perbankan konvensional dengan menyediakan modal bagi pebisnis di kalangan bawah, menengah, maupun atas sehingga akan meningkatkan ekonomi secara makro. Selain itu FinTech juga akan memudahkan para pengusaha kecil meningkatkan penjualannya melalui e-commerce atau online.

Jenis-Jenis FinTech!

- Advertisement -

Dari berbagai manfaatnya, berikut beberapa jenis-jenis FinTech yang sedang berkembang dan mungkin dapat menjadi solusi untuk kehidupan finansialmu, Smart People!

Manajemen Risiko dan Investasi

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Info Hari Ini

HOT NEWS

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img