PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI telah menyediakan dana tunai sebesar Rp32,8 triliun guna mengantisipasi lonjakan kebutuhan transaksi masyarakat selama perayaan Hari Raya Idul Fitri.
SEVP Operations BRI, Nyoman Sugiri Yasa, menyatakan bahwa langkah ini merupakan strategi BRI dalam memastikan kelancaran aktivitas ekonomi serta menjaga layanan perbankan tetap optimal selama masa libur Lebaran.
“Setiap tahun, momen Lebaran selalu disertai dengan peningkatan permintaan uang tunai. Oleh karena itu, BRI memastikan ketersediaan likuiditas yang cukup, terutama di kantor cabang dan jaringan ATM yang tersebar di seluruh Indonesia,” ujar Nyoman dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (10/3).
Baca Juga: Penyaluran KUR BRI Capai Rp 27,72 Triliun, Fokus Dukung Sektor Produksi
Penurunan Proyeksi Uang Tunai dan Peningkatan Transaksi Digital
Tahun ini, jumlah uang tunai yang disiapkan BRI mengalami penurunan sebesar 6,12 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Nyoman menjelaskan bahwa proyeksi kas yang lebih rendah ini disebabkan oleh turunnya transaksi tarik tunai sebesar 15 persen secara year on year (yoy) serta meningkatnya kebiasaan masyarakat dalam bertransaksi secara digital.
Di sisi lain, transaksi digital di BRI terus menunjukkan peningkatan. Hal ini terlihat dari kenaikan jumlah transaksi di super apps BRImo sebesar 40,54 persen yoy, pertumbuhan transaksi QRIS BRI sebesar 186 persen yoy, serta peningkatan transaksi EDC merchant BRI hingga 177 persen yoy.
Optimalisasi Layanan Digital dan Jaringan ATM
Selain menyediakan dana tunai, BRI juga memastikan layanan perbankan digital seperti BRImo tetap berjalan optimal agar nasabah dapat melakukan transaksi non-tunai dengan lebih mudah dan aman. Keandalan mesin ATM dan CRM juga menjadi perhatian utama BRI.
Hingga akhir Desember 2024, BRI memiliki 19.670 unit ATM dan CRM yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, terdapat lebih dari 796 ribu jaringan e-channel, yang meliputi 776 ribu EDC, 10 ribu mesin ATM, dan 9 ribu mesin CRM.
Layanan Terbatas Selama Lebaran dan Peran Agen BRILink
Selama libur Lebaran, BRI tetap mengoperasikan sejumlah kantor layanan di lokasi strategis untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang masih membutuhkan layanan perbankan konvensional.
Sebagai upaya mendekatkan layanan ke masyarakat, BRI juga mengoptimalkan lebih dari 1 juta Agen BRILink yang tersebar di berbagai daerah, termasuk di wilayah terpencil yang jauh dari kantor cabang. Agen BRILink berperan sebagai perpanjangan layanan perbankan yang memungkinkan masyarakat tetap dapat melakukan transaksi keuangan dengan mudah.
Dengan berbagai langkah ini, BRI menegaskan komitmennya untuk terus hadir dalam melayani kebutuhan masyarakat, terutama di momen Lebaran yang identik dengan peningkatan aktivitas ekonomi, tradisi mudik, dan kebutuhan transaksi keluarga.
“Kami ingin memastikan bahwa masyarakat dapat menikmati momen Lebaran dengan nyaman tanpa khawatir akan keterbatasan akses layanan perbankan. Baik melalui kantor cabang, ATM, BRImo, maupun Agen BRILink, BRI siap melayani Indonesia,” tutup Nyoman.
Cek Berita dan Artikel Lainnya di Google News