PT Kereta Api Indonesia (KAI) menegaskan komitmennya dalam memberantas praktik percaloan tiket guna memastikan kenyamanan penumpang selama masa angkutan Lebaran 2025. Langkah ini dilakukan untuk menghindari kerugian bagi pelanggan yang ingin melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman.
VP Public Relations KAI, Anne Purba, mengimbau masyarakat untuk melaporkan segala aktivitas mencurigakan terkait percaloan tiket melalui layanan pengaduan KAI121. Layanan ini tersedia 24 jam dan dapat diakses melalui media sosial, email cs@kai.id, atau WhatsApp di 0811-1211-1121.
“Pelanggan dapat segera melaporkan aktivitas calo yang mencurigakan melalui layanan pengaduan KAI121 yang dapat dihubungi 24 jam melalui media sosial, email cs@kai.id, atau WhatsApp KAI121 di 0811-1211-1121. KAI akan menindak tegas oknum calo yang merugikan pelanggan,” kata VP Public Relations KAI Anne Purba dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (14/2).
KAI pun mengingatkan agar pelanggan hanya membeli tiket melalui saluran resmi yang tersedia untuk memastikan harga terbaik dan kenyamanan dalam pemesanan.
“Kami mengimbau pelanggan untuk hanya membeli tiket melalui saluran resmi KAI guna menghindari potensi penipuan dan kesalahan pemesanan,” ujar Anne.
Tiket untuk perjalanan mudik Lebaran 2025 telah tersedia sejak 4 Februari 2025 dan dapat dibeli hingga H-45 sebelum keberangkatan. Masyarakat dapat melakukan pemesanan melalui aplikasi Access by KAI, situs booking.kai.id, serta mitra resmi Online Travel Agent (OTA).
Selain itu, KAI menegaskan bahwa loket stasiun hanya melayani pembelian langsung (go show) mulai tiga jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api. Oleh karena itu, calon penumpang disarankan untuk merencanakan perjalanan lebih awal guna mendapatkan tiket dengan harga terbaik.
“Mulai 4 Februari, tiket untuk keberangkatan hingga 45 hari sebelum Lebaran sudah bisa dipesan pada pukul 00.00 WIB. Kami mengimbau pelanggan untuk segera merencanakan perjalanan agar tidak kehabisan tiket dan mendapatkan harga terbaik,” ucap Anne.
Dalam menghadapi lonjakan penumpang selama mudik Lebaran 2025, KAI telah menyiapkan layanan kereta tambahan guna memberikan lebih banyak pilihan perjalanan bagi masyarakat. Saat ini, tersedia sebanyak 2.877.473 tempat duduk untuk perjalanan kereta api jarak jauh reguler pada periode 21 Maret hingga 11 April 2025.
Untuk memastikan perjalanan yang aman dan nyaman, KAI melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap sarana perkeretaapian, termasuk pengecekan teknis dan operasional pada lokomotif dan rangkaian kereta.
“Keamanan tetap menjadi prioritas utama KAI dalam menghadapi lonjakan penumpang pada periode angkutan Lebaran tahun ini,” katanya.
Ia menambahkan, saat ini sejumlah kereta api (KA) reguler favorit untuk perjalanan Lebaran telah banyak dipesan, antara lain KA Airlangga, KA Bengawan, KA Kahuripan, KA Serayu, KA Kutojaya Selatan, KA Tegal Bahari, KA Gumarang, KA Sawunggalih, KA Blambangan Ekspres, KA Matarmaja, KA Fajar Utama YK, dan KA Majapahit.
KAI berkomitmen untuk terus memberikan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi seluruh penumpang selama angkutan Lebaran 2025.
“Kami akan terus berinovasi dan meningkatkan layanan agar dapat memberikan pengalaman mudik yang lebih baik,” kata Anne.
Cek Artikel dan Berita Lainnya di Google News