Rabu, April 24, 2024
spot_img

BERITA UNGGULAN

Menikmati Keindahan Bawah Laut Indonesia dengan Freediving

- Advertisement -

InfoEkonomi.ID – Freediving atau menyelam bebas termasuk dalam kategori ekstrem water sport. Lantaran memiliki risiko yang cukup tinggi bagi freediver (orang yang melakukan freediving).

Meski begitu, olahraga air ini tetap digemari para pemacu adrenalin, dan potensial dikembangkan di Indonesia. Mengingat, Indonesia selalu menjadi pilihan utama para wisatawan untuk menikmati keindahan bawah laut.

- Advertisement -

Bagi kamu yang masih awam, freediving atau freedive merupakan olahraga air mirip menyelam, namun tanpa bantuan alat pernapasan. Saat menyelam ke bawah laut, freediver hanya menggunakan fin (kaki katak), snorkel, dan wetsuit.

Freediving tak sekadar kuat menahan napas di dalam air. Karena tergolong ekstrem water sport, freedive tidak boleh dilakukan asal-asalan. Seorang freediver harus memiliki lisensi resmi yang dikeluarkan lembaga terkait, salah satu Freediving Society.

- Advertisement -

Lisensinya sendiri dibagi menjadi 4 Level. Level 1 dan 2 untuk freediver pemula, sedangkan Level 3 dan 4 khusus untuk lisensi kepelatihan atau instruktur. Untuk lulus di Level Satu, kamu harus memenuhi beberapa syarat, yakni menahan napas selama 2 menit, berenang sejauh 40 meter, dan menyelam hingga kedalaman 14-20 meter.

Durasi dan jarak tersebut terus meningkat seiring naiknya level freediving kita. Contoh, pada Level 4 atau master, kamu harus mengetahui ilmu pertolongan, mengajar, dan menyelam hingga kedalaman 40 meter. Dengan lisensi master ini kita bisa menjadi instruktur freediving.

O, iya, tak kalah penting, saat melakukan freediving tidak boleh sendirian, ya! Sangat disarankan untuk bersama pendamping berpengalaman; setingkat lisensi Level 3 dan 4. Tujuannya untuk meminimalkan risiko jika terjadi hal-hal tidak diinginkan saat di bawah air.

Spot Freediving Terbaik di Indonesia

- Advertisement -

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Indonesia sudah dikenal dunia sebagai negara dengan keindahan bawah laut yang memukau. Tak heran kalau ada banyak spot selam dan freediving di Indonesia yang menarik untuk dijelajahi. Berikut spot freediving terbaik di Indonesia:

1. Raja Ampat

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Info Hari Ini

HOT NEWS

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img