Rabu, April 24, 2024
spot_img

BERITA UNGGULAN

Mengenal Lembah Harau, Pesona ‘Desa Konoha’ Versi Indonesia

- Advertisement -

InfoEkonomi.ID – Beberapa waktu lalu, nama Lembah Harau ramai diperbincangkan banyak orang di media sosial. Khususnya bagi penggemar seri anime dan komik Naruto. Lantaran, Lembah Harau dinilai mirip dengan salah satu lokasi di dalam seri tersebut, yakni Konohagakure alias Desa Konoha. Hal ini membuat banyak orang mencari tahu tentang Lembah Harau yang memang memiliki pesona luar biasa.

Lembah Harau sendiri adalah sebuah nagari yang terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat. Jaraknya sekitar 50 km dari Bukittinggi, atau 1,5 jam perjalanan. Sesuai namanya, Lembah Harau merupakan sebuah lembah dengan luas sekitar 270,5 hektare yang dikelilingi pemandangan tebing-tebing tinggi menjulang, dengan ketinggian sekitar 100-500 meter.

- Advertisement -

Tebing-tebing tersebutlah yang membuat banyak orang menyamainya dengan Hokage iwa atau tebing Hokage yang ada di Desa Konoha dalam komik dan anime Naruto. Namun, keindahan Lembah Harau tak hanya tebing-tebing tinggi yang mirip Desa Konoha saja. Lembah Harau menyimpan banyak pesona yang luar biasa dan menarik untuk dijelajahi. Seperti apa keindahannya?

Keunikan Batuan di Lembah Harau

- Advertisement -

Dalam kitab adat Minangkabau, Tambo, Kabupaten Lima Puluh Kota disebut sebagai negeri-negeri berair jernih dengan ikan-ikan jinak yang berenang di aliran sungainya. Konon, banyak yang menyebut Lembah Harau dulunya adalah dasar lautan. Hal tersebut didukung fakta ilmiah tentang jenis batuan di perbukitan Lembah Harau yang merupakan batuan breksi dan konglomerat. Jenis batuan tersebut umumnya terdapat di dasar laut.

Fakta menarik lainnya dari tebing batuan yang mengelilingi Lembah Harau adalah usia batuan yang diperkirakan para peneliti berusia 40 juta tahun. Selain itu, tebing batuan di Lembah Harau juga banyak mengandung karbon organik, yaitu batuan yang terbentuk dari sisa-sisa organisme.

Melihat berbagai keunikan tersebut, tak heran jika Lembah Harau ditetapkan sebagai Cagar Alam dan Suaka Margasatwa. Salah satu satwa langka yang menghuni Lembah Harau adalah monyet ekor panjang (Macaca fascicularis), serta berbagai spesies tanaman hutan hujan tropis dataran tinggi.

Punya Enam Air Terjun

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Info Hari Ini

HOT NEWS

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img