Senin, September 16, 2024
spot_img

TikTok Shop Resmi Jadi Bagian dari Tokopedia Usai Rampungkan Investasi US$ 1,5 M

InfoEkonomi.ID – Layanan TikTok Shop Indonesia resmi menjadi bagian dari Tokopedia usai PT Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) telah menerima penyelesaian transaksi investasi sebesar US$ 1,5 miliar dari TikTok.

Sebagai informasi, PT Tokopedia adalah entitas yang dimiliki bersama oleh GoTo dan TikTok, menjadikan keduanya sebagai mitra strategis di Indonesia, dengan TikTok sebagai pemegang saham pengendali.

- Advertisement -

GoTo juga mengonfirmasi bahwa proses integrasi dan migrasi kedua aplikasi ini berjalan dengan lancar dan diharapkan akan segera selesai dalam periode uji coba. Penting untuk dicatat bahwa proses ini dilakukan dengan konsultasi kepada kementerian dan lembaga terkait sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Dengan bergabungnya Tokopedia dan TikTok Shop di bawah payung PT Tokopedia, diharapkan bahwa keduanya dapat bersinergi untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Fokus utama mereka adalah pada pemberdayaan dan perluasan pasar bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) nasional.

- Advertisement -

“Hari ini kami telah menyelesaikan transaksi kerjasama dengan TikTok, yang akan terus memberikan manfaat kepada Indonesia dan para pelaku UMKM,” kata Direktur Utama Grup GoTo Patrick Walujo dalam keterangan resmi yang dilansir dari detik.com, Rabu (31/1/2024).

Kemudian Patrick juga mengatakan Grup GoTo mencatatkan kinerja solid pada akhir 2023, sehingga Perseroan berhasil mencapai EBITDA yang disesuaikan positif di kuartal empat. Menurutnya perseroan juga melampaui panduan kinerja EBITDA yang disesuaikan untuk tahun 2023 sehingga arus kas mengalami perbaikan.

“Seiring dengan arah profitabilitas dan perbaikan arus kas GoTo, kami akan mengoptimalkan penggunaan modal dan sedang menyusun rencana alokasi modal ke depan. Rencana tersebut mencakup beberapa inisiatif termasuk kemungkinan dilakukannya pembelian kembali (buyback) saham, di mana hal ini akan bergantung pada persetujuan regulator dan pemegang saham,” terangnya.

Adapun rincian mengenai kinerja GoTo akan disampaikan saat paparan kinerja Perseroan untuk kuartal empat dan tahun buku 2023. Rencananya paparan ini akan diumumkan pada Maret 2024 mendatang.

- Advertisement -

Senada dengan itu, Direktur Eksekutif E-commerce TikTok Indonesia Stephanie Susilo mengatakan pihaknya merasa bangga bisa secara resmi bekerja sama Tokopedia usai menyelesaikan transaksi investasi sebesar US$ 1,5 miliar itu. Ia berhadap dengan adanya kolaborasi antara Tokopedia dengan TikTok Shop, kedua platform ini bisa membantu pertumbuhan UMKM lokal.

“Kami bangga bisa secara resmi bekerja sama dengan Tokopedia, beserta para pemangku kepentingan dan seluruh karyawan. Kami memandang momen ini sebagai sebuah capaian penting dalam mewujudkan komitmen kami berkontribusi lebih jauh untuk Indonesia, para pelaku UMKM, dan pertumbuhan ekonomi digital bersama dengan GoTo sebagai mitra kami,” terangnya.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

Artikel Terkait

Info Hari Ini

Ikuti Kami

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img