InfoEkonomi.ID – Sebagai rangkaian kegiatan menyambut HUT ke- 67, PT SUCOFINDO menyelenggarakan seminar terkait dekarbonisasi untuk di Universitas Indonesia (UI). Seminar Dekarbonisasi terselenggara secara hybrid, diikuti 200 mahasiswa.
Kegiatan terlaksana melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) untuk peningkatan pendidikan.
Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT SUCOFINDO Budi Hartanto mengatakan, seminar terselenggara sebagai upaya peningkatan awareness terhadap pentingnya tranformasi proses bisnis yang berkelanjutan.
Yaitu melalui upaya dekarbonisasi, yang nantinya mampu memberikan dampak positif untuk kelestarian lingkungan.
“Dekarbonisasi perlu diketahui, sebagai bentuk komitmen mendukung kelestarian Indonesia. Hal ini sejalan dengan komitmen PT SUCOFINDO dalam peranan sebagai Lembaga Verifikasi dan Validasi (LVV) untuk Gas Rumah Kaca (GRK),” ujar Budi Hartanto.
Kegiatan ini juga merupakan bentuk dukungan PT SUCOFINDO terhadap target pemerintah dalam upaya penurunan emisi GRK.
Hal ini juga didukung dengan Perpres No. 98 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Nilai Ekonomi Karbon Untuk Pencapaian Target Kontribusi Yang Ditetapkan Secara Nasional Dan Pengendalian Emisi Gas Rumah Kaca Dalam Pembangunan Nasional.
“Kami siap mendukung pemerintah mewujudkan pelaksanaan GRK dan perhitungan Nilai Ekonomi karbon (NEK), yang nantinya mampu merealisasikan pengurangan emisi Gas Rumah Kaca,” kata Budi Hartanto.
Oleh karena itu, tambahnya, melalui edukasi dekarbonisasi ini kami berharap dapat meningkatkan awareness kepada mahasiswa, yang nantinya sebagai generasi muda mampu menjaga dan mengimplementasikan kelestarian lingkungan.
Wakil Dekan Fakultas Ilmu Administrasi UI Fibria Indriati mengatakan, seminar ini sangat penting sebagai peningkatan awareness kepada mahasiswa, yang nantinya melalui peranan mereka akan diaplikasikan ke masyarakat luas.
“Pengetahuan ini tentunya akan mendukung dalam mengembangkan keilmuan dan sebagai referensi ke masyarakat luas,” ujar Fibria Indriati.
Selain kegiatan seminar dekarbonisasi, PT SUCOFINDO juga turut mengedukasi mengenai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebagai upaya implementasi penggunaan produk dalam negeri.
Selanjutnya, juga terselenggara pelatihan digital marketing selama 2 hari untuk 100 UMKM berkolaborasi dengan Pemkot Depok.