InfoEkonomi.ID – VP Corporate Secretary PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter, Erni Sylviane Purba menuturkan, selama masa angkutan lebaran tahun 2023 pihaknya mencatat telah melayani sebanyak 13 juta penumpang lebih.
Adapun, angka tersebut terhitung mulai tanggal 19 April 2023 hingga 2 Mei 2023 untuk posko angkutan lebaran.
“Yang menjadi highlight angkutan lebaran, kita bisa melayani 13 juta penumpang lebih,” ujar Erni dalam konferensi pers KAI, Jakarta, Rabu (3/5/2023).
Dia menjelaskan selama masa angkutan lebaran, pihak melayani 3 layanan diantaranya KRL Jabodetabek sekitar 12,5 juta penumpang, kemudian melayani kereta lokal Merak hanya sampai Cilegon sebanyak hampir 200 ribu penumpang.
“Angkutan Merak ini sampai Cilegon, tetapi kami melakukan kereta lanjutannya dengan bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk menyiapkan bis-bis untuk mereka,” katanya.
Pada 13 juta penumpang tersebut, menurutnya ada dua hari libur yakni hari pertama dan kedua lebaran dengan melayani sebanyak 1,2 juta penumpang.
“Kita melihat bahwa di stasiun Manggarai sendiri di hari libur dan hari biasa itu tetap menjadi stasiun transit terpadat,” terangnya.
“Kita melayani 150-180 ribu orang transit di Stasiun Manggarai, jadi kalo kita melihat biasanya yang dari Bogor yang memenuhi untuk transit ke Sudirman dan Tanah Abang untuk bekerja. Tetapi ini kita lihat seimbang jadi dari daerah Bekasi dan Cikarang mau menuju Ragunan, mereka turun di Stasiun Pasar Minggu. Sehingga kita lihat bahwa ketika selama libur itu penumpang kami justru ke arah Bogor kemudian ke Arah Jakarta Kota dan Pasar Minggu untuk Mengunjungi Ragunan dan sekitarnya,” lanjutnya.
Sambungnya, KAI Commuter juga sejak awal tahun 2023 sudah melayani KA bandara Basuta sekitar 7 ribu penumpang per hari.
“Ini rekornya kemarin paling tinggi hampir 7 ribu penumpang per hari dan di sini kita melayani hampir 100 ribu penumpang khusus KA Bandara,” tuturnya, dilansir dari liputan6.
































