Jumat, Desember 6, 2024
spot_img

Sukses Jalankan Transformasi, Bank Sulselbar Kini Serba Digital

InfoEkonomi.ID PT Bank Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Bank Sulselbar) kini telah serba digital. Hal tersebut diungkapkan Direktur Operasional dan IT Bank Sulselbar, Irmayanti Sulthan dalam acara “Digital Mindset A Journey To Greatness 2022” yang digelar di kantor pusat Bank Sulselbar, Jalan Ratulangi Makassar pada Sabatu (8/10).

Irmayanti mengatakan, Bank Sulselbar sudah sejak 2017 menerapkan digitalisasi layanan, salah satunya menerapkan ETP melalui implementasi TNT atau SP2D online dane-SPB. Tak hanya itu, Bank Sulselbar menggandeng Dompet Anak Bangsa (Gopay), Tokopedia pembayaran PBB dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Lalu, pada 2021 bekerja sama dengan Ovo dan Shopee untuk penerimaan pembayaran PBB, PKB, retribusi dan pajak lainnya.

- Advertisement -

“Karena era semakin cepat dan dinamis. Tujuannya agar Bank Sulselbar bisa menciptakan value dan customer experience yang lebih baik kepada seluruh nasabah. Pimpinan harus agile, tetapi juga tetap mampu membangun pagar-pagar risiko dengan baik, agar bank tetap tumbuh secara sehat dan kuat,” papar Irmayanti.

Dalam era yang serba digital, agar tidak ketinggalan seluruh bisnis tentunya juga harus mengikuti perkembangan. Hal inilah yang menjadi alasan Bank Sulselbar, secara aktif terus mengembangkan produk dan layanan perbankan dengan dukungan teknologi digital untuk memudahkan kebutuhan nasabah dan masyarakat.

- Advertisement -

Dalam acara yang dihadiri peserta jajaran pimpinan di Bank Sulselbar, Irmayanti mengatakan, dalam melakukan transformasi leader adalah kunci dari transformasi, dan di era digital ini leadership style harus berubah. Tidak lagi hanya memberi order (direction), tetapi lebih meng-encourage bawahan untuk lebih inovatif dan kreatif.

Irmayanti juga menuturkan, strategi Bank Sulselbar dalam mendorong digitalisasi, salah satunya dilakukan dengan memperbanyak layanan digital di kantor-kantor cabang yang sebelumnya masih dilakukan menggunakan loket antrian.

Hasilnya, kini Bank Sulselbar sudah serba digital. Kegiatan mengumpulkan dan menganalisa data untuk lebih memahami kebutuhan nasabah eksisting sambil melihat peluang untuk akuisisi nasabah baru dengan menunjukkan transformasi digital dari Bank Sulselbar yang sudah ramah dengan kalangan milenial.

“Nah, kini semuanya lebih digitalisasi dengan adanya sistem pembayaran lewat QRIS. Kami terus mengembangkan ekosistem digital tidak saja pada pemerintah daerah, tapi juga masyarakat luas,” papar Irmayanti.

- Advertisement -

Dirinya melanjutkan, transformasi digital yang dilakukan adalah apa yang menjadi harapan dari gubernur dan pemerintah kabupaten kota sebagai stakeholder Bank Sulselbar. “Elektronisasi transaksi pemerintah daerah itu tidak terbatas pada transaksi biasa saja tetapi juga untuk memudahkan monitoring dan jadinya akurasi data, kecepatan data, kecepatan transaksi serta pelaporan untuk perpajakan semuanya sudah diwujudkan secara bertahap,” pungkas Irmayanti.

Acara yang dilakukan secara hybrid dan dihadiri peserta dari jajaran pimpinan di Bank Sulselbar ini, menunjukkan konsistensi Bank Sulselbar pada inovasi digital. Hadir sebagai pembicara yakni President Director Allo Bank Indonesia, Dr. Ir. Indra Utoyo MSc. Kemudian Co Founder and Managing Partner at Katalys Partners, dan CEO Bank Neo Commerce, Tjandra Gunawan.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email [email protected]

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Ikuti Kami

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

Terbaru

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img