Rabu, November 12, 2025
spot_img

Kemendag dan Shopee Kolaborasi Dukung UMKM Perluas Pasar Fashion Muslim Indonesia

Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso mengungkapkan pentingnya kolaborasi dengan berbagai sektor untuk memperluas jangkauan pasar pelaku usaha lokal, termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Salah satunya dengan bersinergi dengan platform niaga elektronik (e-commerce) Shopee.

Mendag Budi menyampaikan hal itu dalam gelar wicara (talk show) “Bincang Inspiratif dan Padu Padan Fashion Muslim Bersama Shopee”, pada Minggu (9/11), di Kartika Expo Center, Balai Kartini, Jakarta, di sela gelaran Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2026.

- Advertisement -

Gelar wicara tersebut berlangsung atas kolaborasi Kementerian Perdagangan dengan Shopee. Kegiatan ini menjadi bentuk dukungan Kemendag kepada pelaku usaha fesyen lokal untuk memperluas jangkauan pasar mereka.

“Kami terus mendukung pelaku usaha lokal mengembangkan usahanya. Untuk memperluas jangkauan pasar dan mendorong ekspor, perlu dilakukan kolaborasi dengan berbagai pihak, salah satunya bekerja sama dengan Shopee,” kata Mendag Budi.

- Advertisement -

Pada gelar wicara tersebut, Mendag Budi juga menyampaikan bahwa tahun ini, sektor modest fashion Indonesia menempati peringkat pertama di dunia. Artinya, produk fesyen Indonesia sudah diakui kreativitas dan kualitasnya.

“Tinggal bagaimana kita mendorong lebih banyak lagi pelaku usaha untuk menembus pasar global, termasuk pelaku UMKM,” ujar Mendag Budi.

Menurut Mendag Budi, pameran produk secara fisik pada JMFW 2026 menjadi kesempatan bagi para pelaku usaha fesyen lokal untuk menampilkan dan memperkenalkan produk secara langsung kepada buyer dalam dan luar negeri. Meski begitu, pelaku usaha juga perlu memanfaatkan toko daring secara beriringan untuk memasarkan produknya.

“Sekarang semua bisa berjalan bersamaan, atau disebut omnichannel. Toko fisik memberikan pengalaman berbelanja secara langsung, kemudian toko online membantu menjangkau pasar yang lebih luas,” ujar Mendag Budi.

- Advertisement -

Deputy Director of Government Relations Shopee Indonesia, Balques Manisang, menyampaikan bahwa Shopee terus mendukung pelaku usaha fesyen lewat berbagai fitur di Shopee, seperti Shopee Live dan Shopee Video. Selain itu, untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan usaha, Shopee memiliki Kampus UMKM Shopee, di mana pelaku usaha dapat belajar gratis secara daring.

“Sebelum memulai usaha, termasuk di toko online, kita perlu mempelajari strategi yang ada. Shopee memiliki kelas online untuk para pelaku usaha belajar—baik pelaku usaha baru, advance, ingin ekspor, hingga yang sudah ekspor,” ujar Balques.

Salah satu peserta gelar wicara, Anggi, mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut memberinya wawasan baru seputar perdagangan daring.

Talk show ini memberikan edukasi kepada pelaku usaha seputar bidang perdagangan di dunia digital. Kemudahan teknologi membuka kesempatan selebar-lebarnya untuk semua, termasuk pelaku UMKM,” kata Anggi.

Menutup sesi bincang, Mendag Budi menjadi juri pada battle yang diikuti oleh tiga peserta yang hadir di acara tersebut. Seluruh busana yang digunakan pada battle merupakan pakaian lokal dari jenama Heaven Lights, BWBYAZ, dan ZM by Zaskia Mecca.

Cek Artikel dan Berita Lainnya di Google News

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Terbaru

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img