PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) melihat peluang besar untuk meningkatkan kinerja bisnis melalui partisipasi dalam berbagai program pemerintah. Presiden Direktur AXA Mandiri, Handojo Gunawan Kusuma, mengungkapkan bahwa sebagai anak usaha Bank Mandiri, pihaknya berpotensi memanfaatkan ekosistem yang telah dibangun, termasuk dalam program pembangunan 3 juta rumah dan program makan siang gratis.
“Jadi program pemerintah terkait (pembangunan) 3 juta rumah misalnya, kalau (Bank) Mandiri ikut di sana, kami juga punya peluang di sana, termasuk yang makan siang gratis itu juga karena kan (Bank) Mandiri juga berpartisipasi dalam ekosistemnya,” ujar Handojo Gunawan Kusuma di Jakarta (8/3).
Dalam acara “Economic Outlook 2025 dan Buka Puasa Bersama”, ia mengatakan bahwa peluang optimalisasi bisnis perseroan melalui program pemerintah juga dapat dilakukan dengan menggandeng para agen Laku Pandai.
Baca juga: AXA Mandiri Tingkatkan Literasi Keuangan dan Proteksi Finansial
Program Laku Pandai merupakan inisiatif Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang memungkinkan layanan perbankan dan keuangan inklusif tanpa kantor cabang, dengan memanfaatkan jaringan agen bank yang tersebar hingga ke pelosok Indonesia.
Menurut Handojo, para agen Laku Pandai memiliki peran strategis dalam meningkatkan literasi dan inklusi asuransi di masyarakat. Dengan keberadaan mereka di berbagai daerah, edukasi mengenai produk asuransi dapat lebih mudah dijangkau oleh masyarakat luas.
Selain itu, para agen Laku Pandai biasanya juga membentuk suatu komunitas sosial bersama para nasabah mereka untuk memudahkan implementasi layanan keuangan tanpa kantor cabang bank (branchless banking).
Ia menyampaikan bahwa banyak peluang untuk meningkatkan inklusi asuransi melalui agen Laku Pandai, sehingga dibutuhkan dukungan dari semua pemangku kepentingan untuk mengoptimalkan program layanan keuangan tersebut.
“Kami bina agen Laku Pandai ini untuk bisa mengedukasi komunitasnya, sebelum tentunya memberikan solusi dari produk-produk asuransi, mulai dari asuransi mikro sampai asuransi untuk retail, agar mereka (para agen) punya andil juga untuk meningkatkan inklusivitas (asuransi),” kata Handojo.
Selain dengan berpartisipasi mendukung program pemerintah, ia menuturkan bahwa pihaknya juga berupaya untuk mengoptimalkan peluang terkait bisnis digital melalui platform mobile banking Bank Mandiri untuk memperkuat kinerja perusahaan tahun ini.
“Kemudian ada peluang bisnis di wholesale banking di corporate solution di mana tahun-tahun sebelumnya kami belum masuk ke bisnis itu secara signifikan dan kini kami mempunyai ambisi untuk bisa menumbuhkan bisnis di area itu,” imbuhnya.
Cek Artikel dan Berita Lainnya di Google News