Jumat, Juli 19, 2024
spot_img

Dolar AS Diproyeksikan Kembali ke Level Rp15.700 di 2024 Ini

InfoEkonomi.ID – Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, optimis bahwa nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan kembali menguat mencapai Rp15.700 pada tahun ini. Pernyataan ini disampaikan dalam Rapat Kerja bersama Badan Anggaran DPR RI di Jakarta kemarin (8/7).

Perry menyebutkan bahwa pada Senin sore kemarin, nilai tukar rupiah berhasil menguat menjadi Rp16.250 per dolar AS. Meskipun terjadi pelemahan sebesar 5,9% sepanjang tahun ini, Perry menegaskan bahwa kondisi rupiah masih lebih baik dibandingkan dengan beberapa mata uang negara berkembang lainnya seperti Meksiko, Thailand, Korea, dan Brasil.

- Advertisement -

“Bahkan Jepang yang melemah sekitar 13,3% year to date. Kami akan terus melakukan langkah-langkah stabilisasi rupiah yang akan kami jelaskan lebih lanjut,” jelasnya yang dilansir dari detik.com.

Perry menjelaskan, rupiah akan bergerak stabil dan cenderung menguat karena empat faktor. Pertama, penurunan Fed Fund Rate, kedua, imbal hasil daya tarik investasi portofolio.

- Advertisement -

Khusus faktor kedua, Perry mengatakan, masuknya modal asing terus terjadi khususnya ke Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) Rp 130,35 triliun dan saham Rp 340 miliar.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Info Hari Ini

HOT NEWS

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img