Senin, Juni 17, 2024
spot_img

Waduh! BPK Temukan Sejumlah Masalah dalam Pembangunan IKN

InfoEkonomi.ID – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melaporkan telah menemukan sejumlah masalah dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Temuan ini tertuang dalam Ikhtisar Hasil Pemeriksaan (IHP) Semester II Tahun 2023.

Salah satu temuan utama BPK adalah bahwa persiapan pembangunan infrastruktur IKN belum memadai. Masalah ini mencakup kendala lahan pembangunan, di mana 2.085,62 hektar dari total 36.150 hektar masih dikuasai oleh pihak lain. Selain itu, proses sertifikasi atas lima area hasil pengadaan tanah juga belum selesai.

- Advertisement -

“Di mana 2.085,62 ha (hektar) dari 36.150 ha tanah yang masih dalam penguasaan pihak lain, serta belum selesainya proses sertifikasi atas 5 area hasil pengadaan tanah,” bunyi laporan BPK, yang dilansir dari CNN Indonesia, Senin (10/6).

Temuan lainnya menunjukkan bahwa manajemen rantai pasok dan peralatan konstruksi untuk pembangunan infrastruktur IKN tahap I belum optimal. BPK mencatat adanya kekurangan pasokan material dan peralatan konstruksi, serta harga pasar material batu split dan sewa kapal tongkang yang tidak sepenuhnya terkendali.

- Advertisement -

Selain itu, pelabuhan bongkar muat yang seharusnya melayani pembangunan IKN belum dipersiapkan dengan menyeluruh, dan terdapat kekurangan pasokan air untuk pengolahan beton.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Info Hari Ini

HOT NEWS

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img