Senin, Juni 17, 2024
spot_img

Pemerintah Akan Dampingi Ormas Keagamaan Kelola Lahan Tambang Eks PKP2B

InfoEkonomi.ID – Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia, menyatakan bahwa pemerintah akan mendampingi organisasi kemasyarakatan (ormas) keagamaan dalam pengelolaan lahan tambang. Pemerintah juga akan membantu ormas tersebut dalam mencari kontraktor yang tepat untuk mendukung operasional tambang.

Pernyataan ini diungkapkan Bahlil untuk menanggapi kekhawatiran terkait kompetensi ormas keagamaan dalam mengelola tambang. Lahan tambang yang akan dikelola merupakan bekas Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B).

- Advertisement -

“Enggak ada yang rugi-rugi di sini kok, ini eks PKP2B, kita cari kontraktornya baik-baik, kita partner-kan dengan mereka, enggak boleh ada conflict of interest,” tegas Bahlil dalam Konferensi Pers, dikutip Senin (10/6/2024).

Bahlil menekankan bahwa kerugian dari pengelolaan tambang akan ditanggung oleh kontraktor. Sedangkan jika ada keuntungan, akan dibagi dua dengan pemegang izin usaha pertambangan (IUP), yaitu ormas keagamaan.

- Advertisement -

Proses pencarian mitra ini tidak sepenuhnya dilakukan oleh pemerintah, namun pemerintah akan melakukan pendampingan. Langkah ini diharapkan dapat mencegah ormas keagamaan sebagai pemain baru di industri pertambangan dari praktik penipuan.

“Jadi begitu mereka mencari partner untuk siapa yang bekerja sama, kami mendampingi mereka dalam melakukan negosiasi, agar tidak dikibulin,” ujar dia.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Info Hari Ini

HOT NEWS

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img